Text
SKRIPSI ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA PADA BUS WISATA MABOUR DI KOTA MADIUN
INTISARI
Bus Madiun On Tour (Mabour) menyediakan layanan angkutan pariwisata di Kota Madiun. Untuk memastikan pelayanan tetap kualitas sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No. 44 tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM). Penelitian bertujuan mengevaluasi persepsi penumpang terhadap kinerja pelayanan dan perbaikan berdasarkan penumpang. Penelitian dilakukan dengan cara mengamati masalah yang ada, menyebarkan kuesioner, dan melakukan wawancara dengan responden di Java Parking Area. Untuk menganalisis kualitas pelayanan, digunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Service Quality (Servqual). Bertujuan untuk mengevaluasi penilaian penumpang mengenai kualitas pelayanan yang diberikan oleh bus. Analisis kualitas pelayanan Bus Mabour menunjukkan bahwa mayoritas penumpang adalah perempuan berusia 21-30 tahun dengan beragam pekerjaan. Kinerja pelayanan mencatat tingkat kesesuaian 91% berdasarkan Standar Pelayanan Minimum, tetapi belum sepenuhnya memuaskan. Metode IPA mengidentifikasi 10 atribut pelayanan utama yang perlu diperbaiki, sedangkan metode Servqual menunjukkan gap score tertinggi pada kenyamanan (atribut ke- 6) dengan nilai -1,067, dan gap score terendah pada keamanan (atribut ke-1) sebesar 0,167. Terdapat perbedaan hasil antara kedua metode, terutama pada indikator kenyamanan terkait kebersihan fasilitas kamar mandi dan mushola, serta keteraturan mengenai kecepatan respons petugas terhadap keluhan. Analisis lebih lanjut mengelompokkan atribut ke dalam kuadran 4 (prioritas utama), dengan 3 atribut dari sarana, 1 atribut dari prasarana dan 5 atribut dari Sumber Daya Manusia.
Kata kunci: Bus Mabour, Importance Performance Analysis (IPA), Servqual, tingkat kesesuaian pelayanan, kualitas pelayanan.
92-UN57.U1-STS-X-2024 | SIPIL HAR A 2024 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain