Text
SKRIPSI GAYA KOMUNIKASI GURU GENERASI Z DENGAN MURID GENERASI Z
ABSTRAK
(Hijriatul Muawanah, 2024)GAYA KOMUNIKASI ANTARA GURU GENERASI Z DENGAN MURID GENERASI ZJurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas TidarSaat ini muncul fenomena steorotip mengenai generasi z yang identik dengan generasi anti sosial, dan kurang memiliki sopan santun. Seperti halnya dalam penelitian terdahulu disebutkan bahwa generasi z cenderung kurang mampu berinteraksi secara sosial. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang meluas telah merevolusi cara penyampaian pendidikan (Supriani et al., 2022). Teknologi Komunikasi telah mengubah spektrum sumber daya yang dapat disediakan oleh guru sekolah untuk anak-anak (Dunnett, 2008). Terlebih murid generasi z lebih menyukai komunikasi visual, yang cenderung tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi antara guru generasi z dengan murid generasi z, menggunakan metode fenomenologi. Adapun hasil penelitian ini terdapat beberapa hasil temuan, bahwasannya dalam gaya komunikasi guru generasi z dengan murid generasi z adalah dengan menggunakan komunikasi visual dan pemanfaataan teknologi. Selain itu gaya komunikasi asertif yang menjunjung kesetaraan digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut sejalan dengan steorotip generasi z yang cenderung lebih suka diskusi terbuka secara santai, alih- alih digurui.
Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Gen Z, Fenomenologi, Komunikasi Visual, Kesetaraan
47-UN57.U1-SIK-X-2024 | KOMUNIKASI MUA G 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain