Text
SKRIPSI PEMANFAATAN LIMBAH SERAT ECENG GONDOK SEBAGAI MATERIAL KOMPOSIT DENGAN FILLER Cu-Zn DAN MgO UNTUK KAMPAS REM SEPEDA MOTOR
ABSTRAK
Kampas rem merupakan komponen penting dalam sistem pengereman kendaraan, namun penggunaan bahan berbahaya seperti asbestos menimbulkan polusi lingkungan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kandungan serat eceng gondok pada komposit dengan filler CuZn dan MgO terhadap keausan dan kekerasan kampas rem, sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan. Metode eksperimental digunakan dengan variasi komposisi serat eceng gondok: serbuk kuningan: serbuk magnesium oksida: resin epoxy sebesar 10%:40%:20%:30%, 15%:40%:20%:25%, 20%:40%:20%:20%, dan 25%:40%:20%:15%. Proses pembuatan melibatkan tekanan kompaksi 2 ton selama 10 menit dan sintering pada suhu 200°C selama 30 menit. Pengujian kekerasan Vickers mengacu pada standar ASTM E384 dan uji keausan mengacu pada standar ASTM G99-95a,. Hasil menunjukkan bahwa kekerasan tertinggi diperoleh pada komposisi 10% serat eceng gondok (245,26 Kgf/mm2), pada komposisi serat eceng gondok 15% (240,88 Kgf/mm2), pada komposisi serat eceng gondok 20% (215,84 Kgf/mm2), dan pada komposisi serat eceng gondok 25% (194,48 Kgf/mm2). Hasil uji keausan terendah pada komposisi 10% serat eceng gondok (0,00212 mm²/kg), pada komposisi 15% serat eceng gondok (0,00242 mm²/kg), pada komposisi 20% serat eceng gondok (0,00295 mm²/kg), dan pada komposisi 25% serat eceng gondok (0,0031 mm²/kg). Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan persentase serat eceng gondok dapat menurunkan nilai kekerasan dan meningkatkan keausan kampas rem.
Kata kunci: Serat eceng gondok, komposit, kampas rem
70-UN57.U1-STM-X-2024 | MESIN RAC P 2024 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain