Text
SKRIPSI STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN KERETA API MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)STUDI KASUS : KA KALIGUNG TEGAL – SEMARANG
INTISARI
Kereta Api Kaligung merupakan salah satu transportasi kereta api kategori lokal khususnya di wilayah Pantura yang melalui berbagai stasiun seperti Semarang Poncol, Weleri, Pekalongan, Pemalang, dan Tegal. Semakin bertambahnya jumlah penumpang kereta api yang semakin tinggi tiap tahunnya, kereta api Kaligung membutuhkan pengoptimalan kapasitas dan fasilitas agar dapat memenuhi kebutuhan serta kenyamanan penumpang. Penelitian ini bertujuan mengembangkan strategi peningkatan kinerja pelayanan pada Kereta Api Kaligung.Analisis kinerja pelayanan Kereta Api Kaligung dengan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan No 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum (SPM) Angkutan Orang dan Kereta Api. Metode penelitian yang digunakan yaitu Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD). Penelitian ini dimulai dengan menganalisis tingkat kesesuaian pelayanan kereta api Kaligung terhadap SPM yang berlaku, termasuk aspek-aspek seperti keselamatan, keamanan, kehandalan/keteraturan, kenyamanan, kebutuhan, serta kesetaraan.Hasil penelitian telah memenuhi SPM sebesar 76,2% dan masih terdapat kekurangan pada beberapa aspek. Strategi perbaikan yang diusulkan meliputi peningkatan petugas cepat tanggap, ketersediaan nomor kritik dan saran, perawatan kursi, petugas keamanan dan kebersihan, pemeliharaan beberapa fasilitas. Hasil analisis IPA diperoleh nilai Tingkat kepentingan lebih besar dari nilai tingkat kinerja untuk seluruh atribut pelayanan. Hasil analisis QFD respon teknis dengan nilai absolute importance pada target teratas sebesar 204,7 yaitu petugas cepat tanggap membantu penumpang.
Kata Kunci : Kereta Api Kaligung, SPM, IPA, QFD
96-UN57.U1-STS-X-2024 | SIPIL AZI S 2024 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain