Text
SKRIPSI ANALISIS AKSESIBILITAS LAJUR SEPEDA DI RUAS JALANKOTA MAGELANG
INTISARI
Kota Magelang merupakan kota yang memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna sepeda. Diperlukan adanya fasilitas lajur sepeda yang baik dalam menunjang kebutuhan pesepeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara fasilitas lajur sepeda dengan aksesibilitas, serta mengetahui nilai tingkat pelayanan lajur sepeda tersebut.Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk menilai kondisi eksisting lajur sepeda yang disesuaikan dengan Pedoman Perancangan Fasilitas Pesepeda Kementerian PUPR Direktorat Bina Marga 2021 Nomor HK–01–01– Be/4045, pendekatan rank spearman untuk mencari hubungan antara fasilitas lajur sepeda dengan aksesibilitas dan metode BLOS (Bicycle Level of Service) untuk mencari nilai tingkat pelayanan lajur sepeda di Jalan Gatot Subroto dan Jalan Tentara Pelajar Kota Magelang.Hasil analisis kondisi eksisting lajur sepeda di ruas Jalan Tentara Pelajar dibandingkan dengan Pedoman Perancangan Fasilitas Pesepeda Kementerian PUPR Direktorat Bina Marga 2021 Nomor HK–01–01–Be/4045 terdapat dua kriteria yang tidak sesuai yaitu ketinggian rambu lalu lintas dan jarak antar tempat sepeda. Sedangkan untuk Jalan Gatot Subroto semua kriteria sudah sesuai. Berdasarkan analisis rank spearman, hubungan antara fasilitas lajur sepeda dengan aksesibilitas diperoleh variabel yang paling berhubungan adalah tersedianya tempat parkir untuk sepeda. Analisis tingkat pelayanan lajur dengan metode BLOS (Bicycle Level of Service) didapatkan rata – rata nilai BLOS di Jalan Tentara Pelajar yaitu 4,15 (D), sedangkan Jalan Gatot Subroto bernilai 4,83 (E).
Kata kunci : Aksesibilitas, Rank Spearman, Tingkat Pelayanan Lajur Sepeda, BLOS (Bicycle Level of Service)
99-UN57.U1-STS-X-2024 | SIPIL ALF A 2024 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain