Text
SKRIPSI STRATEGI PROGRAM “DUNIA ANAK” DI RADIO PAS FM PATI
ABSTRAK
STRATEGI PROGRAM “DUNIA ANAK” DI RADIO PAS FM PATI(Naila Jannati Amalia, 2024)Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas TidarProgram Dunia Anak di Radio PAS FM Pati hadir sebagai bentuk pemenuhan regulasi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah yang mewajibkan penyiaran program untuk anak-anak. Awalnya, program ini disajikan dalam bentuk talk show interaktif dengan para ahli dan penampilan anak-anak TK, yang memberikan konten edukatif bagi anak-anak dan orang tua. Namun, pandemi COVID-19 memaksa perubahan format menjadi playlist lagu dan cerita anak, sehingga mengurangi interaksi langsung dengan pendengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang diterapkan oleh Radio PAS FM dalam program Dunia Anak guna mempertahankan eksistensinya di tengah perubahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendalami strategi-strategi yang diterapkan oleh Radio PAS FM, termasuk perancangan konten yang relevan, kolaborasi dengan IGTKI dan para ahli, serta pemanfaatan platform digital untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan audien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh Radio PAS FM Pati dalam program "Dunia Anak" memanfaatkan konvergensi media, dengan optimalisasi rekaman digital, integrasi lintas platform, penggunaan teknologi streaming, dan pemanfaatan umpan balik digital, radio ini mampu meningkatkan interaksi dan menyesuaikan program dengan kebutuhan audien. Konten yang menarik dan relevan, serta keterlibatan audien anak dalam produksi, juga berkontribusi dalam menjaga relevansi program “Dunia Anak di era digital.
Kata kunci: Radio, Strategi Program, Program Anak, Konvergensi Media
49-UN57.U1-SIK-X-2024 | KOMUNIKASI AMA S 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain