Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BUKU CERITA PENDEK SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN 1 MAGELANG PADA MATERI SISTEM IMUN
ABSTRAK
Nafisah, Muklinatun Sofa. 2024. “Pengembangan Buku Cerita Pendek Sebagai Bahan Ajar Alternatif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MAN 1 Magelang Pada Materi Sistem Imun”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata kunci: Cerita Pendek, Sistem Imun, Motivasi Belajar Pembelajaran adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mendukung proses belajar siswa. Salah satu materi biologi di SMA yang sering dianggap sulit oleh banyak siswa adalah sistem imun. Kesulitan dalam memahami materi ini dapat menyebabkan menurunnya motivasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah ini, penyusunan bahan ajar yang efektif dan menarik menjadi sangat penting. Salah satu bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa MAN 1 Magelang adalah buku cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan buku cerita pendek sebagai bahan ajar alternatif pada materi sistem imun serta untuk mengukur efektivitas buku tersebut dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 1 Magelang. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: 1) Analysis (Analisis), yaitu menganalisis kebutuhan bahan ajar, karakteristik siswa, dan materi; 2) Design (Perancangan), yaitu merancang materi, ide cerita, dan tampilan buku; 3) Development (Pengembangan), mengembangkan buku dan validasi ahli; 4) Implementation (Implementasi), yaitu melakukan uji respon guru dan motivasi siswa; dan 5) Evaluation (Evaluasi), menganalisis hasil pada setiap tahap penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku cerita pendek sebagai bahan ajar alternatif pada materi sistem imun layak digunakan. Kelayakan buku tersebut dinyatakan berdasarkan validasi oleh ahli materi, media, dan cerita pendek, dengan skor persentase masing-masing sebesar 73,00%, 82,14%, dan 89,81%. Selain itu, buku cerita pendek ini juga dinyatakan efektif sebagai bahan ajar alternatif berdasarkan hasil angket motivasi belajar siswa dengan skor 80,95%. Hal ini didukung oleh uji N-Gain yang memperoleh nilai 0,50. Berdasarkan analisis validasi produk oleh ahli materi, ahli media, dan ahli cerita pendek, buku cerita pendek ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif pada materi sistem imun. Selanjutnya, hasil uji motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui uji N-Gain menunjukkan bahwa buku cerita pendek efektif digunakan sebagai bahan ajar alternatif untuk materi sistem imun.
65-UN57.U1-SPB-X-2024 | BIOLOGI NAF P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain