Text
SKRIPSI PERSEPSI PEMERINTAH DAN MASYARAKAT TERHADAP INOVASI APLIKASI CERDAS LAYANAN PERIZINAN TERPADU UNTUK PUBLIK (SICANTIK) DI KOTA MAGELANG
ABSTRAK
PERSEPSI PEMERINTAH DAN MASYARAKAT TERHADAP INOVASI APLIKASI CERDAS LAYANAN PERIZINAN TERPADU UNTUK PUBLIK (SICANTIK) DI KOTA MAGELANG Denis Chandra 2010201088 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Universitas Tidar Kota Magelang merupakan kota yang terus bertumbuh dari segi penduduk dan perekonomiannya sehingga masyarakat membutuhkan pelayanan yang cepat dan mudah untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Inovasi hadir dalam memenuhi kebutuhan secara optimal dalam mengatasi permasalahan yang ada. Keseriusan kota magelang dalam menerapkan inovasi terbukti dari Kota Magelang yang meraih penghargaan sebagai Kategori Rating Kota Menuju Cerdas (Smart City). Namun dalam penerapannya masih ditemui masalah seperti kendala dari inovasinya sendiri, keterampilan masyarakat dalam menggunakan teknologi yang masih kurang dan lain sebagainya. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Magelang merupakan salah satu instansi yang telah menerapkan sebuah inovasi yaitu Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik (SICANTIK) sebagai inovasi dalam pelayanan perizinan. Melalui aplikasi SICANTIK perizinan di Kota Magelang mengalami peningkatan terbukti dari jumlah perizinan yang meningkat hingga saat ini. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menemukan hasil adanya inovasi pelayanan perizinan SICANTIK di Kota Magelang dalam persepsi pemerintah dan masyarakat. Adapun Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan yang digunakan yaitu purposive sampling. Data dianalisa melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu pemerintah dan masyarakat secara umum memberikan respon yang positif terhadap inovasi pelayanan perizinan melalui aplikasi SICANTIK. Dari persepsi pemerintah dan masyarakat selaku penggguna layanan menyebutkan bahwa aplikasi SICANTIK dapat memberikan kemudahan dan mempercepat layanan perizinan menjadi lebih baik dan praktis karena pelayanan dilakukan secara online sepenuhnya mulai dari pendaftaran hingga penyerahan izinnya. Adanya kemudahan, kebermanfaan, kesesuaiann, keunggulan yang diberikan mendorong masyarakat untuk melakukan perizinan melalui aplikasi SICANTIK. Terbukti setelah diterapkan jumlah penerbitan perizinan mengalami peningkatan
Kata Kunci: Inovasi, SICANTIK, Pelayanan, Perizinan, Persepsi
98-UN57.U1-SSP-X-2024 | ADMINISTRASINEGARA CHA P 2024 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain