PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA “MATGAM” BERBASIS GAMIFIKASI MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3 TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI PELUANG SMA

SITI NUR RODHIYAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Rodhiyah, Siti Nur. 2024.”Pengembangan Multimedia “MATGAM” Berbasis Gamifikasi Menggunakan Construct 3 terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Materi Peluang SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd.
Kata Kunci: Game Petualangan, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Gamifikasi.Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari. Namun, mata pelajaran ini justru dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit dan menakutkan. Salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa di SMA N 1 Salaman termasuk ke dalam kategori rendah. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis tersebut bisa disebabkan oleh model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan belum tepat. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika SMA N 1 Salaman, pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru matematika belum mampu mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan multimedia “MATGAM” berbasis gamifikasi.Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari pengembangan multimedia “MATGAM” berbasis gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE.Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, pengerjaan soal tes kemampuan pemahaman konsep, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas Fase E SMA N 1 Salaman. Subjek penelitian ini yaitu siswa Fase E2 SMA Negeri 1 Salaman. Produk multimedia divalidasi oleh tiga validator ahli materi, tiga validator ahli media dan tiga validator instrumen tes soal untuk mendapatkan kriteria kevalidan produk dan kepraktisan didapatkan dari hasil pengisian angket respon siswa.


Ketersediaan
119-UN57.U1-SPM-X-2024MATEMATIKA ROD P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA ROD P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;233HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik