Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA “MATGAM” BERBASIS GAMIFIKASI MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3 TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI PELUANG SMA
ABSTRAK
Rodhiyah, Siti Nur. 2024.”Pengembangan Multimedia “MATGAM” Berbasis Gamifikasi Menggunakan Construct 3 terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Materi Peluang SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd.
Kata Kunci: Game Petualangan, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Gamifikasi.Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari. Namun, mata pelajaran ini justru dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit dan menakutkan. Salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa di SMA N 1 Salaman termasuk ke dalam kategori rendah. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis tersebut bisa disebabkan oleh model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan belum tepat. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika SMA N 1 Salaman, pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru matematika belum mampu mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan multimedia “MATGAM” berbasis gamifikasi.Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari pengembangan multimedia “MATGAM” berbasis gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE.Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, pengerjaan soal tes kemampuan pemahaman konsep, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas Fase E SMA N 1 Salaman. Subjek penelitian ini yaitu siswa Fase E2 SMA Negeri 1 Salaman. Produk multimedia divalidasi oleh tiga validator ahli materi, tiga validator ahli media dan tiga validator instrumen tes soal untuk mendapatkan kriteria kevalidan produk dan kepraktisan didapatkan dari hasil pengisian angket respon siswa.
119-UN57.U1-SPM-X-2024 | MATEMATIKA ROD P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain