Text
SKRIPSI EFEKTIFITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMP NEGERI 9 KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Berpikir kritis sebagai kemampuan mendasar yang diperlukan siswa dalam pembelajaran. Permendikbud No. 36 tahun 2018 menyatakan konstruk pembelajaran yang berorientasi dalam berpikir kritis siswa. Berpikir kritis dikatakan berpikir dengan nalar dan reflektif hingga memperoleh pengetahuan mendalam yang relevan. Tujuan dalam penelitian ini menganalisis efektifitas model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan berpikir kritis pada materi bioteknologi di Smp Negeri 9 Kota MagelangDalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen bentuk quasi experimental design. Desain ini mengontrol salah satu variabel, tetapi tidak mengontrol sepenuhnya variabel luar yang dapat mempengaruhi kegiatan eksperimen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Project Based Learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IX materi Bioteknologi. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data yaitu hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 083 kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol 0,51 kategori sedang. Hasil uji effect size sebesar 0,9267 artinya memberikan pengaruh tinggi. Dengan demikian, Project Based Learning (PjBL) dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi bioteknologi.
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Project Based Learning (PjBL), dan Bioteknologi.
108-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA PAM E 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain