Text
SKRIPSI ANALISIS KUALITAS PELAYANAN FASILITAS TERMINAL DRS. PRAJITNO MUNTILAN BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA
INTISARI
Terminal merupakan salah satu unit fasilitas umum yang sering dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan pergerakan dari satu tempat ke tempat lain. Salah satu nya adalah Terminal tipe B yang ada di Kota Muntilan terdapat terminal yaitu Terminal Drs. Prajitno Muntilan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kualitas pelayanan dari fasilitas yang diberikan oleh Terminal Drs. Prajitno Muntilan. Kepuasan fasilitas menggunakan acuan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40 Tahun 2015 dan Departemen Perhubungan Tahun 1996. Kinerja operasional bus menggunakan Pedoman Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No. SK.687/AJ.206/DRJD/2002. Penelitian ini menggunakan metode CSI dan metode Servqual. Penelitian dilakukan di Terminal Drs. Prajitno dan didalam bus AKDP trayek Magelang-Muntilan dengan 3 PO bus yaitu barokah, mekar, kopata di hari libur dan hari kerja. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tingkat kepuasan penumpang yang dianalisis menggunakan metode CSI mendapatkan hasil 78,25% yang dikategorika puas. Sedangkan, metode Servqual mendapatkan hasil tidak puas di semua atributnya karena bernilai negatif (-). Kinerja operasional bus AKDP untuk kategori frekuensi, faktor muat, jarak tempuh dan loading profile sudah sesuai. Waktu headway dan waktu tunggu di hari kerja dan hari libur yang dikategorikan kurang karena belum sesuai dengan pedoman. Luas fasilitas Terminal berdasarkan hasil penelitian dari 26 fasilitas terdapat 8 fasilitas yang sesuai dan lainnya tidak sesuai.
Kata kunci: Fasilitas, Customer Satisfaction Index (CSI), Service Quality (Servqual), Pelayanan
109-UN57.U1-STS-X-2024 | SIPIL WIR A 2024 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain