Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP
ABSTRAK
Mahfudzoh, H. A. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Roda Putar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran TPS, Roda Putar, Hasil Belajar, Motivasi Belajar.Pendidikan merupakan suatu proses pengembangan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap seseorang melalui proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menganalisis peningkatan motivasi belajar IPA siswa SMP setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair, Share (TPS) berbantuan media roda putar pada materi Bumi dan Tata Surya. (2) Menganalisis peningkatan hasil belajar IPA siswa SMP setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair, Share (TPS) berbantuan media roda putar pada materi Bumi dan Tata Surya. (3) Menganalisis hubungan pada motivasi belajar dan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair, Share (TPS) berbantuan media roda putar pada materi Bumi dan Tata Surya. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Eksperimen semu yang digunakan berbentuk nonequivalent control group design dengan membandingkan dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang dengan kelas yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain, Uji T, Uji Linearitas dan Uji Korelasi. Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan uji independent sample t test pada taraf signifikansi 0,05 menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 25 dengan hasil
115-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA MAH P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain