Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
ABSTRAK
Rahayu, Puji Sri. 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, M.Pd.
Kata Kunci: ADI, Hasil Belajar KognitifHasil belajar kognitif siswa merupakan tolak ukur guna mengevaluasi seberapa jauh tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan pengetahuan dan pemahaman. Hasil belajar kognitif siswa penting sebab berpengaruh terhadap prestasi siswa di bidang mata pelajaran tertentu serta pilihan profesi. Namun, pentingnya hasil belajar kognitif tidak selaras dengan hasil survei TIMSS didapati bahwasannya Indonesia menduduki urutan ke 71 dari 80 dalam bidang ilmu pengetahuan terkait hasil belajar kognitif. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar kognitif siswa salah satunya yaitu model pembelajaran yang dibutuhkan tidak sesuai, dimana aktivitas belajar yang lebih dominan guru daripada siswa, yang mana menjadikan kurangnya penyampaian pendapat oleh siswa pendapatnya pada saat pembelajaran di kelas. Upaya yang dinilai mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa salah satunya dengan model pembelajaran ADI. Adapun desain penelitian dengan kuasi eksperimen yang diterapkan berupa Non-equivalent Control Group Design, dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dibutuhkan model pembelajaran ADI, sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian yaitu guna meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di SMP Negeri 3 Mertoyudan dengan model pembelajaran ADI. Spesimen yang dibutuhkan sejumlah dua kelas yakni kelas eksperimen (VII D) serta kelas kontrol (VII F) keseluruhan berjumlah 64 siswa. Instrumen tes yang dibutuhkan yaitu pretetst beserta posttest berbentuk tes pilihan ganda berjumlah 11 butir yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas oleh para ahli. Analisis data dilaksanakan berdasarkan uji signifikansi dan uji N-Gain. Hasil uji signifikansi pretest maupun posttest pada tiap kelas terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif siswa. Pada uji N-Gain kelas eksperimen didapatkan hasil 0,68 dengan kriteria sedang sedangkan kelas kontrol senilai 0,20 kriteria rendah. Kemudian, untuk N-Gain tiap indikator dimensi pengetahuan faktual kelas eksperimen sebesar 0,71 serta kelas kontrol 0,20, konseptual kelas eksperimen sebesar 0,53 dan kelas kontrol 0,20, dan prosedural kelas eksperimen senilai 0,75 serta kelas kontrol senilai 0,20. Peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran ADI efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
114-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA RAH K 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain