Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) BERBASIS SSI (SOCIO SCIENTIFIC ISSUES) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP
ABSTRAK
Azizah R. 2024. ―Pengaruh Model Pembelajaran POE (predict observasi explain) berbasis SSI ( sosio scientific issues) terhadap hasil belajar kognitif sekolah menengah pertama‖. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S.Pd.,M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci:Hasil belajar dalam proses pembelajaran menjadi indikator penting seberapa jauh peserta didik mengalami perubahan setelah pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi konteks pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Gombong Kebumen terdapat permasalahan rendahnya hasil belajar ditunjukkan dengan rendahya rata-rata nilai ulangan harian dan beberapa siswa yang belum tuntas KKM, dikarenakan peserta didik yang kurang aktif menanyakan ke guru atapaun rekan sejawat dalam pelaksanaan pembelajaran, serta pembelajaran yang guru terapkan belum melibatkan pembelajaran yang mengacu pada konteks hubungan keseharian. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran yang berbeda diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiental Design dengan desain Noneequivalen Control Group Design. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran POE (predict observe and explain) berbasis SSI (socio scientific issues) terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian dilakukan terhadap 20 peserta didik kelas VIII, 30 peserta didik kelas VII A, dan 30 peserta didik kelas VII B. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi soal, RPP, LKPD, serta soal pretest dan posttest.
113-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA ALF P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain