Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Pratiwi, Fira Nadya. 2024. “Keefektifan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Kata Kunci : keefektifan, pemahaman konsep; Project Based LearningPada abad 21, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang pesat dan berdampak pada berbagai bidang. Di bidang pendidikan peserta didik dituntut untuk meningkatkan kompetensi diri dan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas agar mampu bersaing dan sukses dalam hidupnya. Namun kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah, hal ini berdasarkan hasil PISA 2022 Indonesia berada di peringkat 15 terbawah. Hasil observasi yang dilakukan di SMPN 2 Muntilan juga menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah. Hal ini dapat disebabkan oleh pemahaman konsep yangrendah. Adanya pembelajaran tatap muka terbatas akibat dampak Covid-19 juga berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Proses pembelajaran membutuhkan media pembelajaran online sebagai perantara guru dan peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Project Based Learning (PjBL) terhadap pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment dan menggunakan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Muntilan tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIIIA dan VIIIB yang berjumlah 60 orang, dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan instrumen tes berupa soal pretest-posttest sebanyak 20 butir soal.Data yang didapat berupa nilai pretest, posttest, dan N-gain hasil belajar yang dianalisis secara statistik menggunakan uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikan 5%. Hasil menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelas dengan penerapan model Project Based Learning dengan kelas konvensional. Rata-rata N-gain yang didapat pada kelas eksperimen sebesar 0,76 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,54. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik.
111-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA PRA K 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain