Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HABIT OF MIND DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
ABSTRAK
Mashudiputri, L. A. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Outdoor Learning untuk Meningkatkan Habit of Mind dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, M.Sc. Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd
Kata Kunci: inkuiri, outdoor learning, habit of mind, keterampilan berpikir kritisKeterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan penting yang perlu dimiliki oleh siswa, akan tetapi faktanya keterampilan tersebut masih tergolong rendah. Penelitian menyebutkan keterampilan berpikir kritis dapat dibentuk dengan adanya pembiasaan. Salah satu pembiasaan yang dapat ditanamkan adalah habit of mind, akan tetapi faktanya habit of mind siswa juga masih rendah dan belum dilatihkan. Oleh karena itu, suatu model pembelajaran diperlukan guna mengasah habit of mind dan kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Model pembelajaran inkuiri diketahui dapat membantu meningkatkan kedua kemampuan ini. Pembelajaran outdoor yang dilakukan dalam penelitian dapat menyediakan pengalaman aktual bagi siswa yang dapat menumbuhkan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis habit of mind dan keterampilan berpikir kritis siswa yang mendapatkan model pembelajaran inkuiri berbasis outdoor learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dan menganalisis hubungan habit of mind dengan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan secara kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan nonequivalen pretestposttest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N 10 Magelang. Sampel penelitian meliputi kelas VII F sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen. Intrumen penelitian berupa tes keterampilan berpikir kritis serta angket habit of mind yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji Mann-Whitney pada penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis outdoor learning untuk meningkatkan habit of mind serta keterampilan berpikir kritis menunjukan signifikansi 0,00 yang berarti bahwa terdapat perbedaan habit of mind dan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain habit of mind pada kelas eksperimen sebesar 0,72 dan kelas kontrol sebesar 0,34. Hasil uji N-Gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,74 dan kelas kontrol sebesar 0,21. Hasil uji korelasi Rank Spearman menghasilkan signifikasi 0,00 yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara habit of mind dengan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan habit of mind dan kemampuan siswa untuk berpikir kritis yang mendapatkan model pembelajaran inkuiri berbasis outdoor learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dan terdapat hubungan yang signifikan habit of mind dengan keterampilan berpikir kritis siswa.
110-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA MAS P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain