PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HABIT OF MIND DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

LAYLA AISYAH MASHUDIPUTRI - Nama Orang;

ABSTRAK
Mashudiputri, L. A. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Outdoor Learning untuk Meningkatkan Habit of Mind dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, M.Sc. Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd
Kata Kunci: inkuiri, outdoor learning, habit of mind, keterampilan berpikir kritisKeterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan penting yang perlu dimiliki oleh siswa, akan tetapi faktanya keterampilan tersebut masih tergolong rendah. Penelitian menyebutkan keterampilan berpikir kritis dapat dibentuk dengan adanya pembiasaan. Salah satu pembiasaan yang dapat ditanamkan adalah habit of mind, akan tetapi faktanya habit of mind siswa juga masih rendah dan belum dilatihkan. Oleh karena itu, suatu model pembelajaran diperlukan guna mengasah habit of mind dan kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Model pembelajaran inkuiri diketahui dapat membantu meningkatkan kedua kemampuan ini. Pembelajaran outdoor yang dilakukan dalam penelitian dapat menyediakan pengalaman aktual bagi siswa yang dapat menumbuhkan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis habit of mind dan keterampilan berpikir kritis siswa yang mendapatkan model pembelajaran inkuiri berbasis outdoor learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dan menganalisis hubungan habit of mind dengan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan secara kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan nonequivalen pretestposttest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N 10 Magelang. Sampel penelitian meliputi kelas VII F sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen. Intrumen penelitian berupa tes keterampilan berpikir kritis serta angket habit of mind yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji Mann-Whitney pada penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis outdoor learning untuk meningkatkan habit of mind serta keterampilan berpikir kritis menunjukan signifikansi 0,00 yang berarti bahwa terdapat perbedaan habit of mind dan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain habit of mind pada kelas eksperimen sebesar 0,72 dan kelas kontrol sebesar 0,34. Hasil uji N-Gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,74 dan kelas kontrol sebesar 0,21. Hasil uji korelasi Rank Spearman menghasilkan signifikasi 0,00 yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara habit of mind dengan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan habit of mind dan kemampuan siswa untuk berpikir kritis yang mendapatkan model pembelajaran inkuiri berbasis outdoor learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dan terdapat hubungan yang signifikan habit of mind dengan keterampilan berpikir kritis siswa.


Ketersediaan
110-UN57.U1-SI-X-2024IPA MAS P 2024Ruang Skripsi (IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA MAS P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;257HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik