Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA
ABSTRAK
Wicaksana, Gilar Cesear. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Menggunakan Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, M.Pd.
Kata kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Ketermpilan Kolaborasi, Metode Role PlayingKeterampilan kolaborasi menjadi salah satu hal penting bagi siswa dalam kehidupan sosial serta mempelajari berbagai hal, terutama pembelajaran di sekolah, Dalam lingkungan pembelajaran yang kolaboratif siswa dapat mengembangkan nilai-nilai sosial pada karakternya melalui interaksi yang aktif serta mengedepankan rasa tanggung jawab dan tenggang rasa, juga meningkatkan hasil belajar, serta kemampuan dalam memahami materi. Namum masih terdapat kendala yang melemahkan keterampilan kolaborasi siswa, antara lain seperti faktor internal siswa yang masih individualis, rendahnya kontribusi siswa dalam belajar dan faktor lain seperti pembelajaran yang masih terpusat pada guru. Oleh karena itu untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih kolaboratif melalui penerapan model pembelajaran disertai metode yang variatif melalui penerapan model Teams Games Tournament (TGT) metode role playing pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Teams Games Tournament (TGT) role playing terhadap keterampilan kolaborasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi kuasi eksperimen, dengan desain penelitian non equivalent control group. hasil uji hipotess menggunakan uji Mann Whitney pada pertemuan pertama menghasilkan nilai 0.856 kemudian pada pertemuan 2 hingga ketiga menghasilkan nilai < 0,001. Hasil tersebut diperluas dengan uji kruskal wallis yang menghasilkan nilai < 0,001 pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol menunjukan nilai 0,292, yang berarti menunjukan adanya perbedaan nilai keterampilan kolaborasi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol yang cenderung tidak ada perbedaan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT dengan role playing berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi siswa SMP
109-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA WIC P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain