Text
SKRIPSI KETERBUKAAN DIRI ANAK SEKOLAH DASAR DALAM KENCAN ONLINE PADA APLIKASI WHATSAPP
ABSTRAK
Pada era modern sekarang kencan online tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa namun juga dilakukan oleh anak sekolah dasar. Akibatnya kencan online yang dilakukan pada media sosial bukan menjadi suatu hal yang menarik sebagai ajang pencari pasangan hidup melainkan timbulnya dampak yang cukup berpotensi negatif karena dilakukan oleh anak di bawah umur dan masih berlanjut sampai sekarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengalaman keterbukaan diri yang dilakukan oleh anak sekolah dasar dalam melakukan kencan online melalui aplikasi WhatsApp dengan menggunakan teori CMC (Computer Mediated Communication) dan konsep keterbukaan diri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan teknik analisis data dari hasil adaptasi pemikiran Stevick, Colaizzi dan Keen. Informan penelitian ini adalah anak sekolah dasar kelas lima dan enam yang pernah atau sedang melakukan kencan online. Hasilnya menunjukkan keterbukaan diri pada kencan online yang dilakukan oleh informan anak sekolah dasar bersifat sementara karena hubungan yang dilalui telah berakhir. Pasangan kencan didapatkan dari aplikasi lain sebelum berkencan melalui aplikasi WhatsApp. Anak laki-laki cenderung terlebih dahulu mengungkapkan perasaannya dari pada anak perempuan. Salah satu hal yang melatarbelakangi anak sekolah dasar melakukan kencan online karena dorongan lingkungan sekitar yang banyak melakukan aktifitas tersebut. Dalam berkencan mereka memanfaatkan fitur yang terdapat pada aplikasi WhatsApp. Fitur emotikon, telepon, chat menjadi fitur yang paling sering digunakan untuk berkencan pada penelitian ini. Penelitian ini memiliki implikasi khususnya masukan pada orang tua dan application developer untuk meminimalisir kejadian serupa bahkan dapat berdampak lebih buruk.
Kata Kunci: Anak Sekolah Dasar, Fenomenologi, Kencan Online, Keterbukaan Diri, WhatsApp
60-UN57.U1-SIK-X-2024 | KOMUNIKASI ARI K 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain