Text
SKRIPSI PENGARUH INTERAKSI PARASOSIAL MELALUI APLIKASI WEVERSE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERCHANDISE (STUDI PADA PENGGEMAR SEVENTEEN)
ABSTRAK
(Safina Wahdah Aulia, 2024): PENGARUH INTERAKSI PARASOSIAL MELALUI APLIKASI WEVERSE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERCHANDISE (STUDI PADA PENGGEMAR SEVENTEEN) Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar. Aplikasi Weverse sebagai new media menjadi media bagi penggemar dan idola untuk berinteraksi layaknya komunikasi interpersonal. Interaksi yang terjalin menimbulkan perasaan dekat oleh penggemar yang sebenarnya tidak nyata dan semu, disebut sebagai interaksi parasosial. Strategi yang digunakan dalam bentuk pendekatan bersistem pelayanan penggemar melalui new media, dilakukan agar dapat terus meningkatkan penjualan produk-produknya yaitu official merchandise. Melalui pendekatan ini, menumbuhkan interaksi parasosial dalam bentuk empati dan loyalitas terhadap idolanya yang meningkatkan motivasi penggemar untuk melakukan pembelian official merchandise. Penelitian ini bertujuan untuk melihat besar pengaruh dari interaksi parasosial melalui aplikasi Weverse terhadap keputusan pembelian merchandise dengan studi pada penggemar SEVENTEEN. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner secara daring. Teori uses and effect adalah teori yang digunakan dalam penelitian ini dan menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh interaksi parasosial melalui aplikasi Weverse yang signifikan terhadap keputusan pembelian merchandise dengan besar pengaruh sebesar 53,6%. Penggunaan aplikasi Weverse oleh CARAT memberikan bentuk efek, konsekuensi, dan konsefek dalam bentuk tindak pembelian official merchandise. Penelitian ini melihat bahwa Weverse sebagai media melalui kelengkapan fitur yang ditawarkan, berpengaruh terhadap kecenderungan untuk melakukan pembelian merchandise. Hal tersebut menjadi sebuah kebaruan penelitian ini karena tidak hanya isi media yang dapat memengaruhi penggunanya, tetapi media itu sendiri juga menentukan tindak lanjut dari pengguna. Isi media pada aplikasi Weverse yang dikonsumsi, penggunaan media Weverse, dan keduanya secara bersamaan menguatkan motivasi pembelian official merchandise oleh CARAT.
Kata kunci: CARAT, Interaksi Parasosial, Keputusan Pembelian, SEVENTEEN, Weverse.
56-UN57.U1-SIK-X-2024 | KOMUNIKASI AUL P 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain