PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH INTERAKSI PARASOSIAL MELALUI APLIKASI WEVERSE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERCHANDISE (STUDI PADA PENGGEMAR SEVENTEEN)

SAFINA WAHDAH AULIA - Nama Orang;

ABSTRAK
(Safina Wahdah Aulia, 2024): PENGARUH INTERAKSI PARASOSIAL MELALUI APLIKASI WEVERSE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERCHANDISE (STUDI PADA PENGGEMAR SEVENTEEN) Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar. Aplikasi Weverse sebagai new media menjadi media bagi penggemar dan idola untuk berinteraksi layaknya komunikasi interpersonal. Interaksi yang terjalin menimbulkan perasaan dekat oleh penggemar yang sebenarnya tidak nyata dan semu, disebut sebagai interaksi parasosial. Strategi yang digunakan dalam bentuk pendekatan bersistem pelayanan penggemar melalui new media, dilakukan agar dapat terus meningkatkan penjualan produk-produknya yaitu official merchandise. Melalui pendekatan ini, menumbuhkan interaksi parasosial dalam bentuk empati dan loyalitas terhadap idolanya yang meningkatkan motivasi penggemar untuk melakukan pembelian official merchandise. Penelitian ini bertujuan untuk melihat besar pengaruh dari interaksi parasosial melalui aplikasi Weverse terhadap keputusan pembelian merchandise dengan studi pada penggemar SEVENTEEN. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner secara daring. Teori uses and effect adalah teori yang digunakan dalam penelitian ini dan menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh interaksi parasosial melalui aplikasi Weverse yang signifikan terhadap keputusan pembelian merchandise dengan besar pengaruh sebesar 53,6%. Penggunaan aplikasi Weverse oleh CARAT memberikan bentuk efek, konsekuensi, dan konsefek dalam bentuk tindak pembelian official merchandise. Penelitian ini melihat bahwa Weverse sebagai media melalui kelengkapan fitur yang ditawarkan, berpengaruh terhadap kecenderungan untuk melakukan pembelian merchandise. Hal tersebut menjadi sebuah kebaruan penelitian ini karena tidak hanya isi media yang dapat memengaruhi penggunanya, tetapi media itu sendiri juga menentukan tindak lanjut dari pengguna. Isi media pada aplikasi Weverse yang dikonsumsi, penggunaan media Weverse, dan keduanya secara bersamaan menguatkan motivasi pembelian official merchandise oleh CARAT.
Kata kunci: CARAT, Interaksi Parasosial, Keputusan Pembelian, SEVENTEEN, Weverse.


Ketersediaan
56-UN57.U1-SIK-X-2024KOMUNIKASI AUL P 2024Ruang Skripsi (KOMUNIKASI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KOMUNIKASI AUL P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XVII;149HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
302.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_ILMU_KOMUNIKASI
FAKULTAS_FISIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik