Text
SKRIPSI PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK TERHADAP ETIKA KOMUNIKASI GEN Z DI MAGELANG
PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK TERHADAP ETIKA KOMUNIKASI GEN Z DI MAGELANG Linda Anjarsari 2010202052 ABSTRAK Instagram dan TikTok adalah dua platform yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama gen z. Remaja merupakan kalangan yang mudah dipengaruhi oleh kekuatan media massa. Hingga muncul berbagai berita dan pengakuan guru yang menyatakan remaja di Magelang minim etika komunikasi di media sosial maupun dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari media sosial Instagram dan TikTok terhadap etika komunikasi gen z di Magelang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Sampel yang diambil yaitu gen z di Magelang dengan jumlah 100 sampel. Penelitian ini menggunakan dua variabel independent yaitu media sosial Instagram (X1) dan media sosial TikTok (X2) serta satu variabel dependen yaitu Etika Komunikasi (Y). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa studi pustaka. Penelitian ini menguji teori SOR (Stimulus Organism Response) dan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil dari resgresi linear berganda pada ketiga variabel menyatakan media sosial Instagram berpengaruh terhadap etika komunikasi gen z di Magelang dan media sosial TikTok tidak berpengaruh terhadap etika komunikasi gen z di Magelang. Hal ini karena Gen Z di Magelang dalam menggunakan media sosial sebagai sumber informasi, lebih banyak menggunakan Instagram dibandingkan dengan TikTok. Sebaliknya, gen Z dalam menggunakan media sosial sebagai hiburan, lebih banyak di TikTok dibandingkan dengan Instagram.
Kata kunci: Media sosial, Instagram, TikTok, Gen z, Etika Komunikasi
62-UN57.U1-SIK-XI-2024 | KOMUNIKASI ANJ P 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain