Text
SKRIPSI ESTIMASI NILAI EKUIVALENSI MOBIL PENUMPANG (EMP) JENIS TRUK BERDASARKAN WAKTU OKUPANSI DAN KOMPOSISI KENDARAAN DI JALAN ARTERI
INTISARI
Ekuivalensi Mobil Penumpang (EMP) adalah faktor penyeragaman satuan dari beberapa tipe kendaraan dibandingkan terhadap mobil penumpang sehubungan dengan pengaruhnya kepada karateristik arus campuran. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023 (PKJI 2023) telah menetapkan nilai EMP untuk masing-masing jenis kendaraan. Penetapan nilai EMP didasarkan pada kondisi lalu lintas. Akan tetapi, perubahan populasi kendaraan dan komposisi kendaraan menyebabkan karateristik lalu lintas mengalami perubahan sehingga perlu dilakukan perhitungan nilai EMP berdasarkan keadaan jalan yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui nilai EMP kendaraan truk sedang dan kemudian membandingkannya dengan nilai EMP menurut PKJI 2023. Data primer yang dikumpulkan adalah jumlah kendaraan, waktu tempuh kendaraan, lebar kendaraan, dan geometrik jalan. Analisis dilakukan menggunakan metode waktu okupansi, yaitu menggunakan data waktu tempuh kendaraan dan lebar kendaraan. Metode komposisi kendaraan dalam pengolahannya menggunakan data jumlah kendaraan. Berdasarkan hasil analisis waktu okupansi didapatkan nilai EMP truk sedang sebesar 1,27 dan nilai EMP untuk kendaraan truk sedang menggunakan analisis komposisi kendaraan sebesar 1,49. Sedangkan nilai EMP berdasarkan pedoman PKJI 2023 sebesar 1,2. Perbandingan antara nilai EMP hasil waktu okupansi dengan nilai EMP menurut PKJI 2023 kendaraan truk sedang adalah 0,07. Sedangkan perbandingan antara nilai EMP hasil komposisi kendaraan dengan nilai EMP menurut PKJI 2023 kendaraan truk sedang adalah 0,29.
Kata kunci: EMP, truk sedang, waktu okupansi, komposisi kendaraan
114-UN57.U1-STS-X-2024 | SIPIL HER E 2024 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain