Text
SKRIPSI EVALUASI KELAYAKAN DAN KINERJA PERLINTASAN SEBIDANG TERHADAP KESELAMATAN PENGGUNA JALAN (STUDI KASUS: PERLINTASAN DI JPL 581 DAN JPL 582 KEBUMEN)
INTISARI
JPL 581 dan JPL 582 merupakan perlintasan sebidang resmi dijaga yang terletak pada jalur ganda lintas selatan Jawa dan memotong jalan nasional sekaligus jalan lokal primer yang di antara keduanya terletak pusat aktivitas masyarakat. Sehingga kedua perlintasan itu terbilang ramai oleh interaksi antar manusia dan prasarananya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi perlintasan, kelengkapan, serta karakteristik unsur-unsur lalu lintasnya sehingga diperoleh risiko yang dapat diklasifikasikan ke dalam level tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment, and Risk Control). Data-data yang diperlukan seperti kondisi perlintasan, kelengkapan perlintasan, karakteristik lalu lintas dan perilaku pengguna jalan, diperoleh melalui observasi langsung di lokasi penelitian, survey langsung, serta survey menggunakan borang kepada pengguna jalan. Sehingga didapatkan hasil penelitian yang sesuai dengan keadaan perlintasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa JPL 581 memiliki nilai SMPK rata-rata sebesar 51664,78 SMPK dan JPL 582 sebesar 70525,29 SMPK sehingga perlu dinaikkan statusnya menjadi perlintasan tak sebidang. Level risiko dominan di JPL 581 adalah Risiko Tinggi. Sedangkan pada JPL 582, risiko dominan adalah Risiko Sedang, namun bobot rerata yang didapatkan senilai 11 yakni termasuk dalam Level Risiko Tinggi. Kata Kunci: HIRARC, JPL, Perlintasan Sebidang, Risiko
116-UN57.U1-STS-X-2024 | SIPIL HIL E 2024 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain