PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA MIND MAPPING BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DI SMPN 11 KOTA MAGELANG

SEPTANIA SYIFAKURROHMAH DARA MAHARANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Maharani, Septania S D. Skripsi 2024. Pengembangan Media Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Puisi di SMPN 11 Kota Magelang. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Dr. Astuty, M.Pd., Pembimbing II Dr. Jendriadi, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan inovatif guna meningkatkan minat belajar siswa. Teknik pengumpulan data yakni berupa wawancara dan angket. Analisis data pada penelitian ini yakni hasil dari angket akan dihitung menggunakan rumus yang akan dijadikan hasil akhir sebagai uji kelayakan dan kepraktisan mengenai media pembelajaran mind mapping. Hasil dari penelitian ini, (1) Kebutuhan media baru yang lebih inovatif dan kreatif sangat dibutuhkan pada kegiatan belajar mengajar. (2) Hasil validasi materi dan validasi media dengan persentase 74% menduduki tingkat valid dan layak untuk dijadikan media pembelajaran dengan catatan revisi kecil. (3) Kelayakan yang ditunjukkan dari validasi materi dan media mendapati persentasi 74% yang artinya layak dijadikan media pembelajaran. Kepraktisan dalam penggunaan media pada saat uji coba sangat terlihat pada hasil uji coba pertama sebelum digunakan media mind mapping yang menunjukkan hasil kurang memuaskan, sedangkan pada uji coba kedua terlihat peningkatan mulai dari kondisi kelas maupun hasil tugas siswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media mind mapping dapat dijadikan salah satu media pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
Kata Kunci: menulis puisi, mind mapping, pengembangan.


Ketersediaan
100-UN57.U1-SIN-X-2024INDONESIA MAH P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA MAH P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIII;85HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I , BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik