Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA MIND MAPPING BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DI SMPN 11 KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Maharani, Septania S D. Skripsi 2024. Pengembangan Media Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Puisi di SMPN 11 Kota Magelang. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Dr. Astuty, M.Pd., Pembimbing II Dr. Jendriadi, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan inovatif guna meningkatkan minat belajar siswa. Teknik pengumpulan data yakni berupa wawancara dan angket. Analisis data pada penelitian ini yakni hasil dari angket akan dihitung menggunakan rumus yang akan dijadikan hasil akhir sebagai uji kelayakan dan kepraktisan mengenai media pembelajaran mind mapping. Hasil dari penelitian ini, (1) Kebutuhan media baru yang lebih inovatif dan kreatif sangat dibutuhkan pada kegiatan belajar mengajar. (2) Hasil validasi materi dan validasi media dengan persentase 74% menduduki tingkat valid dan layak untuk dijadikan media pembelajaran dengan catatan revisi kecil. (3) Kelayakan yang ditunjukkan dari validasi materi dan media mendapati persentasi 74% yang artinya layak dijadikan media pembelajaran. Kepraktisan dalam penggunaan media pada saat uji coba sangat terlihat pada hasil uji coba pertama sebelum digunakan media mind mapping yang menunjukkan hasil kurang memuaskan, sedangkan pada uji coba kedua terlihat peningkatan mulai dari kondisi kelas maupun hasil tugas siswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media mind mapping dapat dijadikan salah satu media pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
Kata Kunci: menulis puisi, mind mapping, pengembangan.
100-UN57.U1-SIN-X-2024 | INDONESIA MAH P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain