Text
SKRIPSI PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI MELALUI PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER (STUDI KUALITATIF GENERASI MILENIAL DI KOTA YOGYAKARTA)
ABSTRAK
(Medira Gosyen, 2024): Pembentukan Identitas Diri Melalui Penggunaan Shopee Paylater (Studi Kualitatif Generasi Milenial di Kota Yogyakarta) Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar Shopee paylater merupakan layanan yang dapat digunakan seseoranguntuk membeli sesuatu dan membayarnya di kemudian hari. Terdapat keadaandi mana seorang pengguna spaylater mengalami kesulitan dalam melunasi cicilannya atau melakukan sesuatu di luar kemampuannya. Upaya individu untuk menentukan citra dirinya serta identitas dirinya berhubungan dengan cermin diri, yaitu membahas mengenai bagaimana seseorang ingin dilihat, merespon penilaian tersebut dan apa respon emosional yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan identitas diri pada milenial melalui penggunaan spaylater. Teori identitas diri dan cermin diri serta konsep gaya hidup digunakan sebagai dasar dalam memahami pembentukan identitas diri pengguna spaylater, berada pada tahap mana perkembangan identitas tersebut serta gaya hidup apa yang ditunjukkan berdasarkan apa yang individu jalani dan kerjakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi terhadap empat orang informan pada generasi milenial yang menggunakan spaylater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spaylater membantu keempat informan dalam membentuk dan menentukan identitas dirinya yang didukung melalui faktor internal berupa dimensi subyektif yang melibatkan pengalaman dan perasaan yang dialami pada keempat informan, lalu dimensi struktural pada informan 1 dan 2 dalam merancang masa depan, dimensi timbal balik psikososial pada informan 3 dalam kepercayaan diri dan penampilannya, dan dimensi status eksistensial pada informan 4 dalam melakukan hobinya. Pada faktor eksternal, identitas keempat informan dibentuk oleh signifikan order. Kemudian spaylater juga membantu informan dalam menunjang gaya hidupnya, yaitu gaya hidup industri mode pada informan 3 dan gaya hidup mandiri pada informan 1, 2, dan 4.
Kata kunci: Shopee Paylater, Identitas Diri, Cermin Diri, Gaya Hidup, Generasi Milenial.
66-UN57.U1-SIK-XI-2024 | KOMUNIKASI GOS P 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain