Text
SKRIPSI STRATEGI BRANDING WISATA TOP SELFIE PINUSAN KRAGILAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @TOPSELFIEKRAGILAN
ABSTRAK
(Bagus Prihaniza Aliasis, 2024) Strategi Branding Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan dalam Membangun Brand Image Melalui Media Sosial Instagram @topselfiekragilan Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan merupakan salah satu dari banyaknya pariwisata yang menawarkan keindahan alam, oleh karena itu perlu adanya sebuah strategi untuk meningkatkan brand image dari sebuah tempat pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding yang diterapkan oleh Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan dalam membangun brand image melalui media sosial Instagram @topselfiekragilan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan paradigma postpositivistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur dan observasi, yang mengidentifikasi langkah-langkah strategis dalam pemanfaatan Instagram sebagai alat membangun brand image tempat pariwisata. Sasaran pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang berfokus kepada pengelola yang memahami langsung strategi branding dengan menggunakan media sosial Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola wisata memanfaatkan konten visual yang menarik dan interaksi aktif dengan pengunjung untuk meningkatkan daya tarik dan citra positif destinasi. Lalu terdapat brand posistioning berupa akses jalan menuju dusun yang ikonik serta keasrian hutan pinus, brand personality yaitu sebagai salah satu destinasi wisata yang aman dan nyaman, brand identity dengan upaya menonjolkan jalan ikonik secara konsisten melalui postingan konten Instagram. Selain itu, penggunaan celebrity endorsement dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor pendukung yang penting dalam memperkuat brand image. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengelola destinasi wisata lain dalam memanfaatkan media sosial untuk strategi branding yang efektif.
Kata Kunci : Brand Image, Media Sosial, Instagram, Strategi Branding, Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan
64-UN57.U1-SIK-XI-2024 | KOMUNIKASI ALI S 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain