Text
SKRIPSI ANALISIS KREATIVITAS GURU IPA DALAM MENGELOLA KEGIATAN PRAKTIKUM DENGAN KETIDAKTERSEDIAAN LABORATORIUM DI SMP KABUPATEN MAGELANG
ABSTRAK
Mulyani, Siti. 2024. “Analisis Kreativitas Guru IPA dalam Mengelola Kegiatan Praktikum dengan Ketidaktersediaan Laboratorium di SMP Kabupaten Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, M.Pd., Pembimbing II Dr. Siswanto, M.Pd
Kata Kunci : Ketidaktersediaan Laboratorium, Kreativitas Guru, Praktikum IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kegiatan praktikum dalam pembelajaran IPA namun tingkat keterlaksanaannya masih rendah. Terdapat beberapa alasan praktikum jarang dilakukan, salah satu diantaranya adalah tidak tersedianya sarana prasarana laboratorium IPA di sekolah. Kondisi ini membutuhkan adanya solusi strategis dan inovatif agar kegiatan praktikum tetap dapat diselenggarakan tanpa harus menunggu adanya sarana prasarana laboratorium IPA di sekolah. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam menyikapi situasi ini adalah dengan memunculkan ide kreativitasnya untuk menciptakan alternatif praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan praktikum IPA pada sekolah yang belum memiliki laboratorium IPA dan gambaran kreativitas guru IPA dalam menciptakan alternatif praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis dokumen atau content analysis (analisis isi). Data penelitian diperoleh dengan menganalisis dokumen Lembar Kerja Siswa (LKS) yang disusun oleh guru IPA menggunakan lembar penelaahan. Hasil penelitiaan yang diperoleh dianalisa menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Keterlaksanaan praktikum IPA pada penelitian ini dilihat dari jumlah topik praktikum yang terlaksana selama satu tahun ajaran, sedangkan gambaran kreativitas guru dalam mengelola kegiatan praktikum dengan ketidaktersediaan laboratorium IPA dilihat dari segi produk kreatif berupa alternatif praktikum yang diciptakan oleh guru IPA sebagai solusi agar kegiatan praktikum tetap dapat diselenggarakan tanpa adanya sarana prasarana laboratorium IPA. Alternatif praktikum dinilai dengan tiga aspek yaitu pemecahan (resolution), kerincian (elaboration and synthesis), serta kebaruan (novelty).
122-UN57.U1-SI-XI-2024 | IPA MUL A 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain