PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI ANALISIS PERUBAHAN POLA BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP SETELAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) BERBASIS ISU SOSIO-SAINTIFIK

NIKEN APRILIANA WULANDARI - Nama Orang;

ABSTRAK
Wulandari, Niken Apriliana. 2024. “Analisis Perubahan Pola Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Setelah Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Berbasis Isu Sosio-saintifik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, M.Sc.
Kata kunci : perubahan pola berpikir kritis, model pembelajaran POE, isu sosiosaintifik Berpikir kritis merupakan suatu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang penting dan diperlukan untuk bertahan serta berkompetisi dalam persaingan global. Oleh karena itu keterampilan berpikir kritis termasuk dalam salah satu framework pembelajaran abad ke-21. Data dari survei PISA (Programme for International Students Assessment) menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang menggunakan teori belajar konstruktivisme adalah model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain). Namun, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa tahap predict dalam model pembelajaran tersebut masih rendah. Sehingga, dalam model pembelajaran tersebut perlu menyajikan isu sosio-saintifik untuk mendorong peserta didik memiliki kemampuan menghadapi situasi, konflik, atau isu sosial dan sains serta agar mampu membuat keputusan dengan tepat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) berbasis isu sosio-saintifik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan mengetahui perubahan pola berpikir kritisnya. Pendekatan penelitian ini menggunakan mixed method (concurrent triangulation), dimana penelitian kuantitatif menggunakan pre-experimental design (one-group pretest-posttest design). Hasil data kuantitatif tersebut digunakan lebih lanjut dalam penelitian kualitatif untuk menganalisis perubahan pola berpikir kritis pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A SMP Negeri 2 Magelang sebanyak 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) berbasis isu sosio-saintifik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kategori sedang. Hal tersebut dibuktikan melalui uji wilcoxon menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dan uji n-gain yang diperoleh sebesar 0,382. Keberhasilan tersebut juga disertai adanya pengerucutan pola yang ditemukan pada peserta didik. Sebelum perlakuan ditemukan sebanyak 6 pola awal dan setelah perlakuan ditemukan sebanyak 4 pola akhir. Dari 6 pola awal dan 4 pola akhir tersebut ditemukan 10 variasi perubahan pola berpikir kritis.


Ketersediaan
121-UN57.U1-SI-X-2024IPA WUL A 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA WUL A 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;317HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik