Text
SKRIPSI ANALISIS PERUBAHAN POLA BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP SETELAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) BERBASIS ISU SOSIO-SAINTIFIK
ABSTRAK
Wulandari, Niken Apriliana. 2024. “Analisis Perubahan Pola Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Setelah Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Berbasis Isu Sosio-saintifik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, M.Sc.
Kata kunci : perubahan pola berpikir kritis, model pembelajaran POE, isu sosiosaintifik Berpikir kritis merupakan suatu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang penting dan diperlukan untuk bertahan serta berkompetisi dalam persaingan global. Oleh karena itu keterampilan berpikir kritis termasuk dalam salah satu framework pembelajaran abad ke-21. Data dari survei PISA (Programme for International Students Assessment) menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang menggunakan teori belajar konstruktivisme adalah model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain). Namun, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa tahap predict dalam model pembelajaran tersebut masih rendah. Sehingga, dalam model pembelajaran tersebut perlu menyajikan isu sosio-saintifik untuk mendorong peserta didik memiliki kemampuan menghadapi situasi, konflik, atau isu sosial dan sains serta agar mampu membuat keputusan dengan tepat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) berbasis isu sosio-saintifik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan mengetahui perubahan pola berpikir kritisnya. Pendekatan penelitian ini menggunakan mixed method (concurrent triangulation), dimana penelitian kuantitatif menggunakan pre-experimental design (one-group pretest-posttest design). Hasil data kuantitatif tersebut digunakan lebih lanjut dalam penelitian kualitatif untuk menganalisis perubahan pola berpikir kritis pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A SMP Negeri 2 Magelang sebanyak 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) berbasis isu sosio-saintifik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kategori sedang. Hal tersebut dibuktikan melalui uji wilcoxon menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dan uji n-gain yang diperoleh sebesar 0,382. Keberhasilan tersebut juga disertai adanya pengerucutan pola yang ditemukan pada peserta didik. Sebelum perlakuan ditemukan sebanyak 6 pola awal dan setelah perlakuan ditemukan sebanyak 4 pola akhir. Dari 6 pola awal dan 4 pola akhir tersebut ditemukan 10 variasi perubahan pola berpikir kritis.
121-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA WUL A 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain