Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL PHET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMP
ABSTRAK
Nurrahma, Hanifa. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Laboratorium Virtual PhET untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, M.Pd., Pembimbing II Dr. Siswanto, M.Pd.
Kata Kunci: Model Guided Inquiry, PhET, Argumentasi Ilmiah Keterampilan argumentasi ilmiah sebagai bentuk kecakapan komunikasi merupakan salah satu keterampilan yang perlu diimplementasikan dalam pendidikan sains di abad 21. Keterampilan argumentasi ilmiah mendorong siswa untuk menyusun pernyataan atau pendapat yang didukung dengan bukti serta fakta ilmiah yang valid. Berdasarkan hasil PISA dan praktikum siswa di SMP Negeri 1 Tempuran, argumentasi ilmiah siswa masih tergolong rendah, hal ini karena kurang dilatihkannya keterampilan berargumentasi oleh guru dalam pembelajaran. Keterampilan argumentasi ilmiah dapat ditingkatkan dengan menerapkan model guided inquiry melalui kegitan penyelidikan secara mandiri dengan bantuan laboratorium virtual PhET sebagai medianya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran menggunakan model guided inquiry berbasis laboratorium virtual PhET dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMP. Selanjutnya menganalisis kualitas argumentasi ilmiah siswa SMP yang menggunakan model guided inquiry berbasis laboratorium virtual PhET berdasarkan aspek kelengkapan organ dan keilmiahan. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan quasi experimental berupa non equivalent control group design. Subjek penelitian ini yaitu kelas VIII F dan VIII G, kemudian instrument yang digunakan berupa tes uraian keterampilan argumentasi ilmiah terdiri dari pretest dan posttest.
118-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA NUR P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain