PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL PHET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMP

HANIFA NURRAHMA - Nama Orang;

ABSTRAK
Nurrahma, Hanifa. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Laboratorium Virtual PhET untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, M.Pd., Pembimbing II Dr. Siswanto, M.Pd.
Kata Kunci: Model Guided Inquiry, PhET, Argumentasi Ilmiah Keterampilan argumentasi ilmiah sebagai bentuk kecakapan komunikasi merupakan salah satu keterampilan yang perlu diimplementasikan dalam pendidikan sains di abad 21. Keterampilan argumentasi ilmiah mendorong siswa untuk menyusun pernyataan atau pendapat yang didukung dengan bukti serta fakta ilmiah yang valid. Berdasarkan hasil PISA dan praktikum siswa di SMP Negeri 1 Tempuran, argumentasi ilmiah siswa masih tergolong rendah, hal ini karena kurang dilatihkannya keterampilan berargumentasi oleh guru dalam pembelajaran. Keterampilan argumentasi ilmiah dapat ditingkatkan dengan menerapkan model guided inquiry melalui kegitan penyelidikan secara mandiri dengan bantuan laboratorium virtual PhET sebagai medianya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran menggunakan model guided inquiry berbasis laboratorium virtual PhET dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMP. Selanjutnya menganalisis kualitas argumentasi ilmiah siswa SMP yang menggunakan model guided inquiry berbasis laboratorium virtual PhET berdasarkan aspek kelengkapan organ dan keilmiahan. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan quasi experimental berupa non equivalent control group design. Subjek penelitian ini yaitu kelas VIII F dan VIII G, kemudian instrument yang digunakan berupa tes uraian keterampilan argumentasi ilmiah terdiri dari pretest dan posttest.


Ketersediaan
118-UN57.U1-SI-X-2024IPA NUR P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA NUR P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XVI;218HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I , BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik