Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PBL PADA MATERI CAHAYA DAN CERMIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII
ABSTRAK
Partimah. 2024. “Keefektifan Model PBL Pada Materi Cahaya Dan Cermin Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd pembimbing II Dr. Siswanto, M.Pd. Kata kunci: model pembelajaran PBL, keterampilan pemecahan masalah Kemampuan pemecahan masalah yaitu kemampuan mendasar yang wajib dikuasai dalam pembelajaran IPA.rendahnya taraf keterampilan pemecahan masalah dipengaruhi oleh pengunakan model pembelajaran yang diajarkan disekolah yang mengunakan model pembelajaran konvensional. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian yaitu mengetahui keefektifan PBL pada materi cahaya dan cermin untuk dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini masuk dalam kategori quasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Dimana kelas eksperimen diberi perlakuan dengan mengunakan model PBL dan kelas kontrol mengunakan model konvensional (Direct Instruction). Dengan 10 soal esay untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui nilai N-gain grup eksperimen memiliki rata-rata (0,70) hasil lebih besar jika dibandingkan grup kontrol (0,47). Dan hasil dari uji hipotesis t-test sebesar 0.000 < 0,05 dinyatakan bahwa model PBL berpengaruh dalam kenaikan nilai keterampilan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII pada materi cahaya dan cermin.
117-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA PAR K 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain