PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PBL PADA MATERI CAHAYA DAN CERMIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII

PARTIMAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Partimah. 2024. “Keefektifan Model PBL Pada Materi Cahaya Dan Cermin Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd pembimbing II Dr. Siswanto, M.Pd. Kata kunci: model pembelajaran PBL, keterampilan pemecahan masalah Kemampuan pemecahan masalah yaitu kemampuan mendasar yang wajib dikuasai dalam pembelajaran IPA.rendahnya taraf keterampilan pemecahan masalah dipengaruhi oleh pengunakan model pembelajaran yang diajarkan disekolah yang mengunakan model pembelajaran konvensional. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian yaitu mengetahui keefektifan PBL pada materi cahaya dan cermin untuk dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini masuk dalam kategori quasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Dimana kelas eksperimen diberi perlakuan dengan mengunakan model PBL dan kelas kontrol mengunakan model konvensional (Direct Instruction). Dengan 10 soal esay untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui nilai N-gain grup eksperimen memiliki rata-rata (0,70) hasil lebih besar jika dibandingkan grup kontrol (0,47). Dan hasil dari uji hipotesis t-test sebesar 0.000 < 0,05 dinyatakan bahwa model PBL berpengaruh dalam kenaikan nilai keterampilan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII pada materi cahaya dan cermin.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA PAR K 2024
117-UN57.U1-SI-X-2024
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA PAR K 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIII;94HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?