PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI ANALISIS PERUBAHAN POLA ARGUMENTASI ILMIAH SETELAH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH ISU SOSIOSAINTIFIK PADA SISWA SMP

AYU NURYANTI - Nama Orang;

ABSTRAK
Nuryanti, Ayu. 2024. “Analisis Perubahan Pola Argumentasi Ilmiah Setelah Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Masalah Isu Sosiosaintifik Pada Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Kata Kunci: Bahan Ajar Berbasis Masalah, Isu Sosiosaintifik, Argumentasi Ilmiah Argumentasi ilmiah merupakan salah satu keterampilan penting dalam praktik sains dan sesuai dengan tuntutan abad 21. Pentingnya keterampilan argumentasi ilmiah tidak selaras dengan fenomena faktual yang didapati bahwa tingkat keterampilan argumentasi ilmiah siswa di Indonesia tergolong rendah yang tercermin dari hasil temuan PISA. Salah satu faktor penyebab rendahnya keterampilan argumentasi ilmiah adalah penggunaan bahan ajar konvensional berupa buku teks yang hanya mampu memfasilitasi keterampilan argumentasi ilmiah siswa mencapai level 1 dan level 2 atau berada pada kategori rendah. Salah satu upaya yang dinilai mampu meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa yaitu dengan penggunaan bahan ajar berbasis masalah yang dipadukan dengan isu sosiosaintifik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis perbedaan keterampilan argumentasi ilmiah dan perubahan pola argumentasi ilmiah setelah penggunaan bahan ajar berbasis masalah isu sosiosaintifik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kombinasi (mixed method) dengan model kombinasi berupa concurrent triangulation. Desain penelitian untuk skema kuantitatif menggunakan pre eksperimental dengan bentuk one group pretest and posttest design, sementara desain penelitian untuk skema kualitatif dilakukan dengan triangulasi data dimana melalui triangulasi teknik dalam bentuk tes dan wawancara. Instrumen penelitian berupa tes argumentasi ilmiah bentuk uraian sejumlah 4 soal yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan uji wilcoxon dan uji N-Gain. Hasil uji wilcoxon diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya terdapat beda signifikan antara keterampilan argumentasi ilmiah sebelum dan setelah penerapan bahan ajar berbasis masalah isu sosiosaintifik. Selain itu, hasil uji N-Gain keterampilan argumentasi ilmiah siswa yang menunjukkan adanya peningkatan pada kategori rendah ditandai dengan nilai N-Gain sebesar 0,13. Adapun perubahan pola argumentasi ilmiah terdiri dari empat perubahan yaitu pola claim (C2) menjadi pola claim (C3), pola claim menjadi pola claim-data, pola claim (C2) menjadi pola claim-data-warrant (C2D3W3), serta pola claim-data menjadi pola claim-data-warrant. Pada pola claim menjadi pola claim data diperoleh dua tipe yaitu pola tipe A dengan perubahan dari pola C2 menjadi pola C2D2 dan pola tipe B dengan perubahan pola C2 menjadi pola C2D3. Sementara pada pola claimdata menjadi pola claim-data-warrant diperoleh dua tipe yaitu tipe A dengan perubahan pola C2D2 menjadi pola C2D3W2 dan tipe B dengan perubahan pola C2D3 menjadi pola C2D3W3. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis masalah isu sosiosaintifik dapat meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah yang ditandai dengan perubahan pola argumentasi ilmiah pada tiap siswa.


Ketersediaan
116-UN57.U1-SI-X-2024IPA NUR A 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA NUR A 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;340HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I , BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik