Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI SISTEM KOORDINASI
ABSTRAK
Sarifah, Ela. 2024. “Pegembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Sistem Koordinasi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum, M.Sc., Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Materi Sistem Koordinasi Perkembangan teknologi mendorong pembaharuan dalam segala elemen pendidikan termasuk pada pemanfaatan media pembelajaran. Berdasarkan observasi yang telah dilaksanakan didapati bahwa materi sistem koordinasi merupakan salah satu materi yang sulit dipahami. Angket analisis awal menunjukkan 69% peserta didik kelas XI MIPA MAN 1 Magelang merasa materi tersebut sulit dipelajari. Hal ini dikarenakan sistem koordinasi memiliki karakteristik materi yang tidak dapat dilihat secara langsung menggunakan indra, banyak menggunakan istilah asing dan abstrak sehingga menyebabkan pesan dalam materi sulit ditangkap oleh panca indra secara langsung. Selain itu, 72% peserta didik merasa media pembelajaran yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran masih terbatas serta 94% diantaranya setuju dengan inovasi media pembelajaran yang menerapkan teknologi visualisasi Sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan objek secara 3D yakni dengan media pembelajaran berbasis augmented reality. Tujuan pada penelitian ini yakni untuk menghasilkan dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi sistem koordinasi serta mengetahui respon dari penggunanya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni Research and Development tahapan penelitian yaitu: 1) analysis yakni menganalisis permasalahan terkait dengan kebutuhan media pembelajaran, peserta didik, kurikulum serta materi untuk menentukan kendala serta media yang tepat untuk dikembangkan, 2) design yang terdiri dua tahap yakni menentukan kerangka penyusunan media pembelajaran augmented reality dan menentukan user interface media pembelajaran berbasis augmented reality, 3) development merupakan tahapan dimana dilakukannya pengembangan terhadap media pembelajaran dan dilakukannya validasi terhadap materi serta media yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, 4) implementation yaitu dilaksanakannya uji terbatas pada pengguna dalam hal ini peserta didik dan guru biologi untuk mengetahui respon terhadap media yang telah dikembangkan, 5) evaluation bertujuan untuk mengevaluasi produk yang telah dikembangkan dengan menganalisis hasil pada setiap saat setelah tahapan sebelumnya selesai kemudian dilanjutkan pada tahapan berikutnya.
66-UN57.U1-SPB-X-2024 | BIOLOGI SAR P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain