Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VIII
ABSTRAK
Farda, I, A. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Komik Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Numerasi, Komik, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Literasi numerasi merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai pada abad ke-21. Kemampuan literasi numerasi adalah kemampuan untuk menggunakan angka dan simbol matematika untuk menyelesaikan masalah konteks kehidupan sehari-hari. Berdasarkan tes kemampuan literasi numerasi awal diperoleh kemampuan literasi numerasi siswa masih tergolong rendah. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat membiasakan siswa untuk memecahkan permasalahan konteks sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan komik dan siswa dengan model pembelajaran langsung mencapai ketuntasan belajar. Selain itu, menganalisis keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan komik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan literasi numerasi.
120-UN57.U1-SPM-X-2024 | MATEMATIKA FAR E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain