Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD MATERI BANGUN DATAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MATHCITYMAP BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP
ABSTRAK
Nikmah, A. L. 2024. “Pengembangan LKPD Materi Bangun Datar dengan Model Problem Based Learning menggunakan MathCityMap Berorientasi pada Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S. Si., M. Sc., Pembimbing II Arifta Nurjanah, M. Pd.
Kata Kunci: Bangun Datar, Kemampuan Literasi Matematis, LKPD, MathCityMap, Model Problem Based Learning Salah satu kemampuan yang berperan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada yaitu kemampuan literasi matematis. Kemampuan literasi matematis siswa kelas VII di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang tergolong sedang. Pernyataan tersebut didukung dari data tes awal kemampuan literasi matematis siswa kelas VII di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang yang dilakukan oleh 54 siswa dan mendapatkan skor rerata sejumlah 67 dari skor maksimal 100. Hasil dari rata-rata tersebut masih berkategori sedang sehingga menjadi tantangan bagi seorang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran. Inovasi yang dimaksudkan dengan mengembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis suatu model untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Mengacu pada uraian latar belakang di atas, maka dapat ditentukan tujuan penelitian yang hendak diraih. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD materi bangun datar dengan model PBL menggunakan MCM berorientasi pada kemampuan literasi matematis siswa SMP kelas VII C SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini berupa penelitian pengembangan melalui pemakaian model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengambilan sampel pada penelitian ini memakai teknik purposive sampling. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, instrumen angket, serta instrumen tes kemampuan literasi matematis. Teknik pengumpulan datanya yakni observasi, wawancara, angket, tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis kevalidan, kepraktisan, serta efektivitas produk. Uji yang dipakai guna menganalisis keefektifan produk yakni uji paired sample t-test serta uji N-Gain.
121-UN57.U1-SPM-X-2024 | MATEMATIKA NIK P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain