Text
SKRIPSI TANTANGAN DAN PROSPEK PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI MAGELANG SMART SERVICE DI KABUPATEN MAGELANG
ABSTRAK
TANTANGAN DAN PROSPEK PELAYANAN PUBLIK BERBASIS EGOVERNMENT MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI MAGELANG SMART SERVICE
Aan Alfin Rizal Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan prospek pelayanan publik berbasis E-Government melalui penggunaan Aplikasi Magelang Smart Service di Kabupaten Magelang. Aplikasi ini merupakan implementasi dari Peraturan Bupati No. 26 Tahun 2021 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dimana merupakan contoh implementasi e-government di tingkat daerah. Penelitian ini menggunakan teori pengembangan E-Government oleh Indrajit, dengan fokus pada tiga aspek utama: Support (Dukungan), Capacity (Kapasitas), dan Value (Nilai). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara dan analisis dokumen relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Support (Dukungan) Penggunaan aplikasi ini mendapat dukungan melalui Peraturan Bupati No. 26 Tahun 2021 Namun, tantangan utama adalah kurangnya anggaran untuk sosialisasi, yang berdampak pada rendahnya adopsi aplikasi di kalangan masyarakat. Capacity (Kapasitas) DISKOMINFO Kabupaten Magelang memiliki kapasitas teknis dan SDM yang memadai untuk mengembangkan aplikasi. Namun, tantangan muncul pada pengunggahan Aplikasi ke penyedia Aplikasi. Value (Nilai) Aplikasi Magelang Smart Service seharusnya dirasakann oleh masyarakat luas dalam mempermudah akses layanan publik dan meningkatkan efisiensi waktu. Namun, kurangnya sosialisasi menyebabkan aplikasi ini belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat luas. Implikasi dari penelitian ini memberikan masukan bagi pembuat kebijakan untuk memperkuat sosialisasi dan pengembangan layanan egovernment yang sesuai kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan pemanfaatan dan partisipasi dalam pelayanan digital.
Kata Kunci : Pelayanan Publik, E-government, Magelang Smart Service.
109-UN57.U1-SSP-X-2024 | ADMINISTRASINEGARA RIZ T 2024 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain