Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM IMUN DI SMAN 1 TEMANGGUNG
ABSTRAK
Pratiwi, Sabrina Nur. (2024). “Pengaruh Model Game Based Learning Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Imun Di SMAN 1 Temanggung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd. Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Kata Kunci: GBL, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Materi Sistem Imun. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan nyata di SMAN 1 Temanggung khususnya kelas XI, dimana selama pembelajaran biologi berlangsung peserta didik kurang terlibat secara aktif dan hasil belajar kognitifnya belum optimal. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa hal ini dipengaruhi oleh guru yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga peserta didik menjadi pasif selama pembelajaran, mudah bosan sehingga tidak tertarik pada penjelasan guru sehingga hasil belajar kognitifnya belum optimal. Selain model pembelajaran yang masih konvensional, media pembelajaran yang digunakan guru selama mengajar juga tidak bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari model GBL terhadap keaktifan belajar peserta didik pada materi sistem imun di SMAN 1 Temanggung dan menganalisis pengaruh model GBL terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem imun di SMAN 1 Temanggung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experiment dan desain pretest post-test nonequivalent control group. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan subjek penelitian kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar wawancara, modul ajar, lembar observasi keaktifan belajar, lembar soal pretest dan post-test, serta lembar observasi keterlaksanaan sintaks GBL. Pengujian hipotesis data dilakukan dengan menggunakan uji non parametrik mann whitney u dengan nilai sig 0,05. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh, rerata keaktifan belajar kelas eksperimen sebesar 68,82 dan kelas kontrol sebesar 54,24. Hasil pengujian hipotesis keaktifan belajar memperoleh nilai sig 0,001 < 0,05, artinya terdapat pengaruh model GBL terhadap keaktifan belajar. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 72,6 dan kelas kontrol sebesar 44,6. Hasil pengujian hipotesis hasil belajar kognitif memperoleh nilai sig 0,000 < 0,05, artinya terdapat pengaruh model GBL terhadap hasil belajar kognitif. Pengaruh model GBL terhadap keaktifan belajar peserta didik ditunjukkan dengan persentase peserta didik yang mengajukan pertanyaan selama pembelajaran sebanyak 79%, lalu keaktifan dalam menjawab pertanyaan sebanyak 96%, dan keaktifan peserta didik dalam diskusi kelompok sebanyak 75%. Sedangkan, pengaruh model GBL terhadap hasil belajar kognitif ditunjukkan dengan peserta didik yang mendapatkan nilai post-test di interval 76-100 sebanyak 20 peserta didik, hal ini mengalami peningkatan dari nilai pretest. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model GBL terhadap keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI pada materi sistem imun di SMAN 1 Temanggung.
70-UN57.U1-SPB-XI-2024 | BIOLOGI PRA P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain