Text
SKRIPSI PENGARUH GAYA HIDUP, PROMOSI, DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI BERLANGGANAN SPOTIFY PREMIUM (STUDI PADA PENGGUNA APLIKASI STREAMING MUSIK SPOTIFY DI KOTA MAGELANG)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh gaya hidup, promosi, dan citra merek terhadap minat berlangganan Spotify Premium di Kota Magelang. Seiring dengan semakin berkembangnya internet telah membawa perubahan besar dalam cara masyarakat mengakses musik, seperti memilih menggunakan layanan streaming musik Spotify. Aplikasi streaming musik seperti Spotify ini menjadi salah satu yang diminati karena kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkannya. Peneliti dalam melakukan survei awal penelitian yang melibatkan 30 responden di Kota Magelang menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Kota magelang adalah pengguna Spotify, meskipun sebagian besar masih menggunakan layanan gratis. Jenis dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 pengguna Spotify di Kota Magelang. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya hidup, promosi, dan citra merek secara signifikan mempengaruhi minat beli berlangganan Spotify Premium di Kota Magelang. Dapat disimpulkan bahwa semakin Spotify sesuai dengan gaya hidup pengguna, baik dalam hal fitur yang disediakan maupun kesesuaiannya dengan aktivitas sehari-hari, maka minat untuk berlangganan Spotify Premium juga akan semakin meningkat. Semakin efektif promosi yang dilakukan dalam menjangkau target pasar, maka minat untuk berlangganan Spotify Premium juga akan semakin meningkat. Semakin kuat dan positif citra merek Spotify yang tercermin dari kepercayaan pengguna terhadap kualitas layanan, maka minat untuk berlangganan Spotify Premium juga akan semakin meningkat.
Kata kunci: Gaya Hidup, Promosi, Citra Merek, Minat Beli
131-UN57.U1-SMJ-XI-2024 | MANAJEMEN DEW P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain