Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM HORMON UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Lestari, Cah Ayu Gita. 2024. “Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sistem Hormon Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd. Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata Kunci : Video Pembelajaran, Literasi Sains, H5P, Pembelajaran, Interaktif. Pembelajaran Biologi diterapkan pada jenjang sekolah menengah atas (SMA) terutama pada jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) sebagai mata pelajaran peminatan. Pembelajaran biologi yang memiliki beberapa ruang lingkup pengetahuan mengenai manusia, salah satunya adalah mempelajari Sistem Hormon. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kota Magelang guru biologi belum menggunakan video pembelajaran, apalagi yang sifatnya mobile. Proses pembelajaran yang diterapkan adalah Teacher Centered menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tujuan peneltian ini yaitu untuk Mengetahui kelayakan video pembelajaran interaktif untuk siswa kelas XI SMA/MA dan mengetahui keefektifan produk video pembelajaran interaktif untuk siswa kelas XI SMA/MA sehingga layak digunakan dalam meningkatan litererasi sains dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan metode penelitian yang menghasilkan produk. Penelitian pengembangan ini akan diuji keefektifan yang bertujuan untuk mengembangkan produk tersebut sehingga dapat bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran (Sugiyono, 2009). Model penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan penelitian yaitu analysis, development, implementation, dan evaluation. Dari hasil penelitian yakni Video pembelajaran interaktif pada materi sistem hormon dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli media yang mendapat nilai 74,6 dalam kategori layak dan ahli materi yang mendapat nilai 86 dalam kategori sangat layak. Video pembelajaran interaktif pada materi sistem hormon untuk meningkatkan literasi sains dalam pembelajaran biologi siswa kelas XI SMAN 4 Kota Magelang efektif dalam meningkatkan literasi sains pada materi sistem hormon, ditunjukkan dengan hasil uji N-Gain nilai pretestposttest yang memperoleh skor 0,69 yang artinya terdapat peningkatan dalam kategori sedang.
71-UN57.U1-SPB-XII-2024 | BIOLOGI LES P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain