PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI PENGARUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARATIF SISWA KELAS V SD GRABAG

Text

SKRIPSI PENGARUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARATIF SISWA KELAS V SD GRABAG

TRI HARIYANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Oleh: Tri Hariyani
Penelitian yang berjudul Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Naratif Siswa Kelas V SD Grabag dilatarbelakangi bahwa keterampilan menulis memerlukan peningkatan dalam pembelajarannya. Dengan media gambar keterampilan menulis dapat meningkatkan daya asosiasi dan mengembangkan daya imajinasi sehingga dapat merangkainya menjadi sebuah jalinan cerita yang utuh dan saling berhubungan. Masalah yang dipecahkan adalah 1) pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis naratif, 2) berapa besar pengaruh media gambar dalam pembelajaran menulis naratif, 3) permanfaatan hasil penelitian.
Teori pembelajaran dengan media gambar terhadap keterampilan menulis naratif digunakan untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan. Sampel 30 siswa dari populasi 117 siswa. Obyeknya kemampuan pemahaman media gambar dan kemampuan menulis naratif. Teknik pengambilan data dengan tes dan tugas menulis naratif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis naratif sebesar 0,643. Ini berarti 0,60-0,79 dengan kadar erat, tidak rendah sekali atau tidak tinggi sekali. Hubungannya positif berarti searah, atau jika X naik 1 maka Y naik 0,45 sebaliknya X turun Y turun. Pada taraf signifikan 5%rhitung: rtabel 0,643 0,463. Sehingga r hitung lebih tinggi dari r tabel. Itu berarti bahwa pengaruh X terhadap Y memiliki hubungan fungsional atau mempunyai hubungan sebab akibat. Karena itu regresi linearnya dapat dicari. Dengan media gambar (X) sebagai prediktor keterampilan menulis Y40,494. r hitung lebih besar dari r tabel. Hipotesis yang berbunyi Ho tidak terbukti, Ha terbukti. 2) Pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis naratif diperoleh F hitung 19,709 lebih besar dari F tabel (19,709 > 2,048). Hipotesis yang berbunyi Ho tidak terbukti, Ha terbukti. Dengan demikian hasil penelitian dapat digunakan dalam pembelajaran pengembangan kompetensi siswa kelas V dengan variasi jenis menulis yang lain.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA HAR P 2003
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2003
Deskripsi Fisik
XI;117HAL;29,5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik