Text
SKRIPSI ANALISIS SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PESERTA DI BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG KENDAL
ABSTRAK
Kabupaten Kendal memiliki jumlah tenaga kerja yang melimpah karena daerah ini dikenal sebagai kawasan industri. BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kendal sebagai penyedia layanan asurasi sosial dari pemerintah telah hadir sebagai solusi pemberian jaminan sosial terhadap para tenaga kerja. BPJS Ketenagkerjaan Kantor Cabang Kendal sendiri berstatus sebagai Kantor Cabang Pembantu (KCP) yang hanya memiliki pegawai yang terbatas, sehingga mereka harus bekerja keras dalam memberikan pelayanan jaminan sosial terhadap seluruh tenaga kerja yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan peserta terhadap pelayanan dan indikator apa saja yang perlu dibenahi di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kendal. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yakni observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Jumlah sampel yang telah ditentukan sebanyak 100 orang yang merupakan peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kendal. Penelitian ini mengacu pada dimensi service quality melalui metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menyatakan jika perolehan CSI untuk sejumlah indikator terhadap peserta di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kendal yakni sebesar 79,97% yang berada di kriteria (PUAS). Dalam Pengukuran IPA, perbaikan pelayanan peserta yang perlu di fokuskan ada 7 indikator karena pelayanannya dinilai penting, namun kepuasannya dinilai peserta sangat rendah.
Kata Kunci: Mutu Pelayanan, CSI, IPA
50-UN57.U1-SSP-VII-2024 | ADMINISTRASINEGARA PRA A 2024 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain