Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI PELAYANAN PERIZINAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TERINTEGRASI SECARA ELEKTRONIK ONLINE SINGLE SUBMISSION RISK BASED APPROACH (OSSRBA) STUDI PADA MAL PELAYANAN PUBLIK KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Implementasi Pelayanan Perizinan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Terintegrasi Secara Elektronik Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) Studi Pada Mal Pelayanan Publik Kota MagelangMeidiana Shafa Kayla NPM: 1810201025Implementasi Pelayanan Publik yang sebelumnya dianggap sulit dan memakan waktu dianggap mengalami peningkatan setelah adanya Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Magelang, terutama juga karena adanya sistem baru yang bernama Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) sebagai alat penunjang dalam bidang kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasi Pelayanan Perizinan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Terintegrasi Secara Elektronik Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) pada Mal Pelayanan Publik Kota Magelang. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode Kualitatif, yang bertujuan untuk memahami permasalahan manusia dalam konteks sosial dengan membuat dan menyajikan gambaran menyeluruh dan kompleks melalui wawancara dan observasi sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menyajikan kesimpulan terkait Implementasi Pelayanan Perizinan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Terintegrasi Secara Elektronik Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) Pada Mal Pelayanan Publik Kota Magelang. Dalam praktik Pelayanan Publik di MPP Kota Magelang, secara umum pelaksanaannya dinilai berjalan baik dengan adanya fasilitas yang memadai yang memberikan kenyamanan. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan pelayanan publik tersebut, terutama kejelasan sosialisasi yang diberikan, agar semua masyarakat atau wirausahawan mengetahui informasi terkait layanan keliling, layanan mandiri, dan pendampingan layanan. Selain itu juga kedisiplinan staf layanan dan kurangnya tenaga kerja dalam bagian Programmer. Di sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) itu sendiri, gangguan sistem masih seringkali terjadi, sehingga para pelaku usaha mengaku bahwa perlu adanya evaluasi terkait hal tersebut, serta adanya perubahan fitur sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) yang masih harus ditinjau lebih lanjut agar mempermudah masyarakat dalam menggunakan sistemnya. Oleh karena itu, disarankan kepada Mal Pelayanan Publik dan Sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) untuk lebih ditingkatkan lagi terkait efisiensinya, ketepatannya, kecepatannya, sehingga dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kendala yang menghambat proses kerja Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA).
Kata Kunci: Implementasi, Perizinan, Pelayanan Publik
39-UN57.U1-SSP-VI-2024 | ADMINISTRASINEGARA KAY I 2024 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain