Text
SKRIPSI PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI KANTOR PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KOTA MAGELANG
Sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas kerja seseorang telah banyak upaya untuk merumuskan sifat-sifat keutamaan dari tenaga kerja berkualitas tinggi. Diantara sifat-sifat yang sering disebut adalah komitmen, dedikasi dan loyalitas. terhadap organisasi: wawasan hasil kerja, kecakapan komunikasi yang baik, kemampuan berpartisipasi, rasa keterlibatan sosial, kecakapan profesional, keterbukaan terhadap perubahan, dan sebagainya.
Sedang adanya peningkatan produktivitas ini dapat dilihat dari adanya kinerja dan semangat kerja pegawai yang baik. Semangat kerja yang tinggi sebenarnya dapat ditumbuhkan oleh orang lain dalam hal ini adalah pimpinan. Yaitu bagaimana pimpinan tersebut dapat memotivasi pegawai sehingga dapat bekerja dengan lebih baik dan menjalin hubungan atau aktivitas berkomunikasi dengan bawahannya.
Dari pendapat di atas dapat diketahui bahwa komunikasi yang efektif merupakan alat yang ampuh untuk mempengaruhi perilaku orang lain. Dengan demikian jelaslah bahwa komunikasi adalah sesuatu hal yang mutlak perlu ditumbuhkan, dikembangkan dan dipelihara terus-menerus dalam seluruh jajaran organisasi.
Tingkah laku bawahan dalam kehidupan organisasi pada dasarnya berorientsai pada tugas. Artinya, bahwa tingkah laku bawahan biasanya didorong oleh keinginan untuk mencapai tujuan harus selalu diamatı, diawası dan diarahkan dalam kerangka pelaksanaan tugas dalam mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Sehingga perilaku para bawahan dalam kehidupan organisasi tidak boleh bertentangan dengan norma atau sistem nilai dan segala ketentuan yang ada dalam kehidupan organisasi.
Dalam kaitan inilah skripsi ini mencoba mengungkapkan permasalahan yang dikemukakan yaitu apakah ada pengaruh atau hubungan antara variabel kepemimpinan dan komunikasi kerja terhadap produktivitas kerja pegawai Kantor Pemberdayaan Masyarakat Kota Magelang, dengan pengajuan hipotesa sebagai berikut:
1. Hipotesa Mayor.
Ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan dan komunikasi terhadap produktivitas kerja pegawai Kantor Pemberdayaan Masyarakat Pengawasan Kota Magelang.
2. Hipotesa minor
Ada pengaruh signifikan dari vanabel kepemimpinan terhadap vanabel produktivitas kerja pegawai
Ada pengaruh yang signifikan dari variabel komunikasi terhadap variabel produktivitas kerja pegawai
Dalam penelitian ini sebagai obyek penelitiannya adalah para pegawai Kantor Pemberdayaan Masyarakat Kota Magelang Sebagat sampelnya diambilsebanyak 30 responden, pengumpulan datanya diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sumber datanya berasal dari sumber data primer dan didukung sumber data sekunder. Sedang analısa datanya digunakan analisa data kuantitatif dan analisa data kualitatif. Adapun untuk menguji hipotesa digunakan teknik korelasi statistik product moment, hasil analisanya adalah
1. Terdapat korelasi yang sangat signifikan antara x, (kepemimpinan) dengan Y (produktivitas kerja pegawai), hal ini terbukti dengan perbandingan antara rx,y yang lebih besar daripada r-tabel 1% atau (0,492) (0,481).
2. Terdapat korelasi yang signifikan antara xay (komunikası) dengan Y (produktivitas kerja pegawai), hal ini terbukti dengan perbandingan antara rxzy yang lebih besar daripada r-tabel 5% atau (0,429) > (0,397).
Atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa pengajuan hipotesa yang berbunyi:
Ada pengaruh yang signifikan dari variabel kepemimpinan terhadap produktivitas kerja pegawai
Ada pengaruh yang signifikan dari variabel komunikasi terhadap produktivitas kerja pegawai. Dapat diterima kebenarannya.
Dari hasil pengujian hipotesa di atas dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kepemimpinan dan komunikasi dengan produktivitas kerja pegawai kantor Pemberdayaan Masyarakat Kota Magelang mempunyai arah yang positif
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain