Text
SKRIPSI PELAKSANAAN PENGAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SECARA SKEMA DI SMK ADIPURA MAGELANG
Skripsi ini berjudul "Pelaksanaan Pengajaran Membaca Pemahaman di SMK Adipura Magelang Tahun 1998/1999 ditinjau dari Teori Skema".
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengajaran membaca pemahaman di SMK Adipura Magelang. Apakah guru-guru Bahasa Indonesia dalam melaksanakan pengajaran membaca pemahamannya sudah menggunakan teori Skema atau belum.
Jika sudah menggunakan, sejauh mana intensitas penggunaannya Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru-guru Bahasa Indonesia di SMK Adipura Magelang yang berjumlah 5 orang guru. Seluruh guru bahasa Indonesia Indonesia dijadikan sampel penelitian. Dengan demikia, penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan observasi pelaksanaan pengajaran di kelas. Adapun analisis data yang digunakan berupa analisis deskripsi kualitatif berdasarkan persententasi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran membaca pemahaman di SMK Adipura magelang sudah menggunakan teori Skema. Intensitas penggunaan teori Skema dalam pelaksanaan pengajaran membaca pemahaman terlihat bahwa alternatif pemilihan bacaan sesuai dengan kemampuan siswa, guru bersikap positif terhadap jawaban siswa dan ulasan umum memiliki persentase rata-rata tinggi antara 60%-80%, alternatif analogi dan asosiasi memiliki persentase rata-rata cukup yaitu antatra 40%-60%, alternati pemberian contoh memiliki persentase rata-rata rendah yaitu antara 20%-40% dan alternatif penggunan diagram, metode karya wisata dan penggunaan media memiliki persentase rata-rata sangan rendah yaitu antara 0%-20%.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain