PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI PENGARUH TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS II MTS DI TANJUNGSARI KEC. WINDUSARI

Text

SKRIPSI PENGARUH TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS II MTS DI TANJUNGSARI KEC. WINDUSARI

ERNAWATI - Nama Orang;

Skripsi ini berjudul Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia di Tingkat SLTP. Berlatar belakang bahwa belajar itu tidak harus berdasarkan kecerdasan pikir saja tetapi juga dukungan dari kecerdasan emosional untuk mencapai prestasi yang lebih baik terutama prestasi belajar Bahasa Indonesia.

Berdasarkan permasalahan di atas, rumusan masalah penelitian ini ialah (1) Apakah ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar bahasa Indonesia? (2) Berapa besar hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar bahasa Indonesia? Tujuan penelitian ini ialah (1) Untuk membuktikan hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar bahasa Indonesia. (2) Untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian paradigma kuantitatif, karena proses analisisnya berdasarkan statistik (angka-angka). Penelitian ini dilaksanakan di MTs se-Kecamatan Windusari pada semester 1 tahun pelajaran 2003/2004. Sebagai titik tolak dan arah penelitian ini dirumuskan hipotesis kerja "Ada hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia di MTs".

Populasi penelitian ini berjumlah 180 siswa sedangkan sampel berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel secara acak atau random sampling. Pengambilan sampel berdasarkan tabel krictejei pengambilan sampel apabila populasi berjumlah 180 siswa maka sampel berjumlah 36. Wujud data berupa skor. Metode pengambilan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara peneliti menilai kecerdasan emosional dan menggunakan nilai hasil semester 2 murni tahun 2002 kelas 1. Variabel bebas (X) ialah kecerdasan emosional dan variabel terikat (Y) ialah prestasi belajar bahasa Indonesia. Masing-masing variabel mempunyai skor maksimal 4.

Untuk menguji ada tidaknya hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar bahasa Indonesia digunakan uji t. Dari hasil analisis diperoleh th 17,4 tt 1,697. Ini berarti ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar bahasa Indonesia. Untuk mengetahui keeratan hubungan dua variabel digunakan rumus korelasi product moment. Dari hasil analisis diperoleh rh 0,75 rt 0,339 pada taraf signifikansi 5% dengan taraf kepercayaan 95%. Hal ini berarti dapat dibuktikan bahwa terdapat hubungan yang erat antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar bahasa Indonesia. Untuk menguji ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dengan prestasi belajar bahasa Indonesia digunakan uji F. Berdasarkan analisis uji F, diperoleh Fh 27,5 lebih besar Ft 4,13 pada taraf signifikansi 5% dengan taraf kepercayaan 95%. Ini berarti ada pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Untuk mencari besarnya hubungan digunakan persamaan regresi linier Y = a + b (X). Berdasarkan perhitungan di atas diperoleh a = -0,1906 dan b = 0,069. Maka persamaan regresinya ialah Y=-0,1906+0,069X. Ini berarti bahwa setiap kenaikan kecerdasan emosional akan diikuti kenaikan prestasi


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA ERN P 2003
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2003
Deskripsi Fisik
IX;93HAL;29,5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik