Text
SKRIPSI KINERJA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DI KANTOR KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG DALAM KONTEKS OTONOMI DAERAH
Setelah era otonomi daerah, Kecamatan diposisikan sebagai Perangkat Daerah Kabupaten, dan bertindak sebagai fasilitator pembangunan di wilayah kerjanya. Penelitian ini mengambil judul "Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan di Kantor Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang dalam Konteks Otonomi Daerah". Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta, sifat, hubungan antar fenomena yang berhubungan dengan kinerja Pemerintahan Kecamatan Ngablak di era Otonomi Daerah. Sasaran penelitiann ini adalah Camat, Sekretaris Camat, Kabag, Kasi, Staf, Kepala Desa, BPD, masyarakat di wilayah Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, daftar pertanyaan, observasi dan dokumentasi, untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Adanya kewenangan pengurusan perijinan yang sebelumnya ditangani Kabupaten, 2) Dalammembiayai anggaran rutin dan pembangunan Kecamatan Ngablak masih juga menggantungkan dari APBD. 3) Kesiapan SDM masih perlu ditingkatkan, 4) Kecamatan Ngablak, dari wilayah administratif kini telah berubah menjadi Perangkat Daerah yang memiliki wilayah kerja dan bertindak sebagai fasilitator Pembangunan, 5) Program pembangunan yang direncanakan sesuai kebutuhan masyarakat dan bersifat botton-up planning, 6) Tercipta peningkatan kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Kecamatan Ngablak, 7) Adanya prinsip transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan, karena dalam memecahkan masalah dan pembuatan kebijakan, Kecamatan berusaha melibatkan Kepala Desa, BPD, Dinas/Instansi, Kata kunci: Kinerja, Otonomi Daerah, Pemerintahan Kecamatan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain