Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENGOPTIMALKAN RETENSI SISWA
Keberhasilan pembelajaran IPA dapat ditinjau dari hasil belajar kognitif.
Kemampuan mengingat menjadi dasar untuk memahami, menerapkan, dan
mengintegrasikan konsep dalam pembelajaran. Retensi siswa yang rendah sering
menjadi kendala dalam penguasaan materi, termasuk pada mata pelajaran IPA.
Observasi dan wawancara guru IPA SMP Negeri 9 Magelang menunjukkan bahwa
siswa kesulitan mengingat istilah asing dalam materi klasifikasi makhluk hidup.
Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sering diterapkan, tetapi belum mampu
mengoptimalkan retensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan media
flashcard dalam penerapan model Jigsaw untuk mengoptimalkan retensi siswa.
Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control
group design. Sampel terdiri dari dua kelas VII di SMP Negeri 9 Magelang yang
dipilih secara random sampling. Instrumen penelitian berupa 20 soal tes pilihan
ganda untuk pretest, posttest, retest 1 dan retest 2. Pada uji prasyarat retensi 1 dan
retensi 2 kedua kelas tidak memenuhi syarat signifikansi sehingga menggunakan
uji hipotesis non parametrik. Uji Mann Whitney U menunjukkan adanya perbedaan
retensi pada kedua kelas ditunjukkan dengan signifikansi 0,000 yang memenuhi
syarat sig. < 0,05. Kemudian, pada uji analisis retensi, kelas yang menerapkan
flashcard memiliki retensi 1 sebesar 90,96% dan retensi 2 sebesar 90,34%,
keduanya pada kategori “Tinggi”. Sementara, kelas tanpa flashcard memiliki
retensi 1 sebesar 67,42% dan retensi 2 sebesar 63,03%, keduanya pada kategori
“sedang”. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan flashcard membantu
siswa menyusun informasi lebih terstruktur dan memudahkan dalam pengulangan
materi, sehingga retensi lebih optimal dan bertahan lebih lama. Media pembelajaran
ini dapat menjadi alternatif yang lebih efektif dalam mengoptimalkan retensi siswa
pada mata pelajaran IPA.
12-UN57.U1-SI-V-2025 | IPA SUS K 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain