PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENGOPTIMALKAN RETENSI SISWA

RIMA SUSANTI - Nama Orang;

Keberhasilan pembelajaran IPA dapat ditinjau dari hasil belajar kognitif.
Kemampuan mengingat menjadi dasar untuk memahami, menerapkan, dan
mengintegrasikan konsep dalam pembelajaran. Retensi siswa yang rendah sering
menjadi kendala dalam penguasaan materi, termasuk pada mata pelajaran IPA.
Observasi dan wawancara guru IPA SMP Negeri 9 Magelang menunjukkan bahwa
siswa kesulitan mengingat istilah asing dalam materi klasifikasi makhluk hidup.
Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sering diterapkan, tetapi belum mampu
mengoptimalkan retensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan media
flashcard dalam penerapan model Jigsaw untuk mengoptimalkan retensi siswa.
Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control
group design. Sampel terdiri dari dua kelas VII di SMP Negeri 9 Magelang yang
dipilih secara random sampling. Instrumen penelitian berupa 20 soal tes pilihan
ganda untuk pretest, posttest, retest 1 dan retest 2. Pada uji prasyarat retensi 1 dan
retensi 2 kedua kelas tidak memenuhi syarat signifikansi sehingga menggunakan
uji hipotesis non parametrik. Uji Mann Whitney U menunjukkan adanya perbedaan
retensi pada kedua kelas ditunjukkan dengan signifikansi 0,000 yang memenuhi
syarat sig. < 0,05. Kemudian, pada uji analisis retensi, kelas yang menerapkan
flashcard memiliki retensi 1 sebesar 90,96% dan retensi 2 sebesar 90,34%,
keduanya pada kategori “Tinggi”. Sementara, kelas tanpa flashcard memiliki
retensi 1 sebesar 67,42% dan retensi 2 sebesar 63,03%, keduanya pada kategori
“sedang”. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan flashcard membantu
siswa menyusun informasi lebih terstruktur dan memudahkan dalam pengulangan
materi, sehingga retensi lebih optimal dan bertahan lebih lama. Media pembelajaran
ini dapat menjadi alternatif yang lebih efektif dalam mengoptimalkan retensi siswa
pada mata pelajaran IPA.


Ketersediaan
12-UN57.U1-SI-V-2025IPA SUS K 2025Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SUS K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;322HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik