Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA SMP
ABSTRAK
Murdiani, Dara Sapta. 2025. “Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, M.Pd.
Kata Kunci: keefektifan, model CLIS, kemampuan berpikir kritisPada Abad ke-21 proses pembelajaran IPA, siswa mampu memahami dan menguasai berbagai keterampilan penting, salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan ini memungkinkan siswa untuk membuat keputusan secara logis, yang melibatkan upaya menemukan kekurangan, memberikan penilaian yang cermat, serta evaluasi validitas suatu gagasan. Keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan dalam pendidikan untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah secara rasional dan reflektif, dengan fokus pada tindakan dan pengambilan keputusan yang tepat. Namun, keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah guru cenderung menggunakan model dan pendekatan pembelajaran yang konvensional, sehingga kurang mendukung peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model CLIS dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental, yaitu non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 6 Magelang dengan sampel kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Instrumen penelitian berupa enam soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitas nya. Teknik analisis data meliputi uji t independent sample t-test dan uji N-Gain.
124-UN57.U1-SI-XII-2024 | IPA MUR P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain