PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA SMP

DARA SAPTA MURDIANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Murdiani, Dara Sapta. 2025. “Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, M.Pd.
Kata Kunci: keefektifan, model CLIS, kemampuan berpikir kritisPada Abad ke-21 proses pembelajaran IPA, siswa mampu memahami dan menguasai berbagai keterampilan penting, salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan ini memungkinkan siswa untuk membuat keputusan secara logis, yang melibatkan upaya menemukan kekurangan, memberikan penilaian yang cermat, serta evaluasi validitas suatu gagasan. Keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan dalam pendidikan untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah secara rasional dan reflektif, dengan fokus pada tindakan dan pengambilan keputusan yang tepat. Namun, keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah guru cenderung menggunakan model dan pendekatan pembelajaran yang konvensional, sehingga kurang mendukung peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model CLIS dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental, yaitu non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 6 Magelang dengan sampel kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Instrumen penelitian berupa enam soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitas nya. Teknik analisis data meliputi uji t independent sample t-test dan uji N-Gain.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (IPA) IPA MUR P 2024
124-UN57.U1-SI-XII-2024
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA MUR P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;273HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?