Text
SKRIPSI PERSEPSI REMAJA TERHADAP LABEL “THE NURULS”
ABSTRAK
(Anisa Ahda Sabila, 2024):PERSEPSI REMAJA TERHADAP LABEL “THE NURULS”Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan BudayaUniversitas TidarGaya berpakaian merupakan salah satu bentuk fashion tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari tiap individu. Fashion merupakan salah satu bentuk dari komunikasi non-verbal yang digunakan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain. Label “The Nuruls” yang merupakan salah satu bentuk fenomena sosial yang diidentikan dengan remaja perempuan berhijab yang mengenakan pakaian tabrak warna dengan kombinasi cardigan rajut serta kerudung bergo dan mengendarai motor scoopy. Adanya fenomena “The Nuruls” yang dikaitkan dengan perempuan berhijab dengan karakteristik gaya berpakaian yang dianggap “norak” menimbulkan berbagai macam persepsi yang berkembang khususnya dikalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan apa persepsi remaja terhadap label “The Nuruls”. Konsep yang dipakai dalam penelitian ini adalah konsep persepsi dan teori yang digunakan adalah teori labelling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai metode penelitiannya. Informan yang dipilih dalam penelitian ini didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan syarat dan kriteria yang sudah ditentukan seperti remaja yang berusia 15-24 tahun dan mengetahui istilah “The Nuruls”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa label ini terkait dengan penampilan seseorang, terutama pada wanita berhijab yang mengenakan gaya berpakaian santai yang digunakan untuk aktivitas diluar rumah dengan jangka waktu pendek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa label ini terkait dengan penampilan seseorang, terutama pada wanita berhijab yang mengenakan outfit santai namun dalam memandang label ini, para informan memiliki persepsi yang berbeda beda. Para informan menyatakan label ini merupakan sebuah meme dan jokes semata yang digunakan di media sosial, tetapi jika digunakan secara berlebihan, label ini akan menimbulkan dampak bagi seseorang yang tidak memiliki keterkaitan dengan “The Nuruls”.
Kata kunci: fashion, label The Nuruls, komunikasi non-verbal, persepsi
1-UN57.U1-SIK-I-2025 | KOMUNIKASI SAB P 2025 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain