Text
SKRIPSI PENGARUH TERPAAN KONTEN AKUN MEDIA SOSIAL TIKTOK @KAR.LOVEEE TERHADAP MINAT BELI PRODUK OLEH FOLLOWERS
ABSTRAK
Media sosial yang semakin berkembang pesat memudahkan orang untuk menjadi content creator, apalagi saat ini banyak orang memanfaatkan media sosial untuk membuat berbagai konten. Penelitian ini berfokus pada akun TikTok @kar.loveee yang secara konsisten membagikan ulasan produk outfit dalam bentuk video sebagai outfit content creator. Platform TikTok yang saat ini menjadi salah satu platform utama dalam promosi digital belum banyak mendapat fokus studi atau pengkajian terkait sejauh mana konten yang dipaparkan oleh content creator memengaruhi minat beli followers. Oleh karena itu, memahami pengaruh terpaan konten di platform TikTok menjadi krusial terutama bagi content creator sebagai pelaku bisnis yang menggunakan TikTok sebagai alat pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh terpaan konten akun media sosial Tik Tok @kar.loveee terhadap minat beli produk oleh followers. Penelitian ini menggunakan teori cognitive response. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini sebanyak 100 responden followers akun TikTok @kar.loveee dengan menggunakan metode non-probability sampling dan teknik yang digunakan adalah quota sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara terpaan konten akun tiktok @kar.loveee terhadap minat beli produk oleh followers. Berdasarkan uji signifikansi pada tabel coefficients, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 t tabel 0,195 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh terpaan konten (X) terhadap minat beli (Y). Pada uji analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa variabel terpaan konten (X) berkontribusi sebesar 73,9% terhadap minat beli (Y), menandakan adanya hubungan positif antara kedua variabel tersebut. Hal ini menyatakan bahwa terpaan konten akun media sosial TikTok @kar.loveee berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk oleh followers.
Kata Kunci: @Kar.loveee, Media Sosial, Minat Beli, Terpaan Konten, TikTok
71-UN57.U1-SIK-XII-2024 | KOMUNIKASI NIS P 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain