Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL HYPERCONTENT MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 1 BANDONGAN
ABSTRAK
Cika, Clara Gres. 2024. “Pengembangan E-modul Hypercontent Materi Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Di SMA Negeri 1 Bandongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata kunci : Hasil Belajar Kognitif, E-modul, Hypercontent
Hasil belajar kognitif siswa yang belum optimal dan kekurangan bahan ajar karena keterbatasan akses adalah latar belakang dalam penelitian ini. Keterbatasan akses bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran ini menjadikan salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan inovasi bahan ajar yang dapat digunakan setiap waktu dimana pun dan kapanpun. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan e-modul hypercontent materi perubahan lingkungan berdasarkan aspek materi dan media. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektivitas e-modul hypercontent materi perubahan lingkungan untuk meningkatan hasil belajar kognitif siswa. Adapun jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE, yang terdiri dari 5 langkah, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi and evaluasi. Pada tahap analisis yang dilakukan meliputi analisis kebutuhan bahan ajar, analisis siswa, dan analisis kurikulum. Kemudian pada tahap desain dan pengembangan dilakukan pembuatan produk berupa e-modul hypercontent materi perubahan lingkungan. Selanjutnya produk yang telah dikembangkan dilakukan validasi berdasarkan aspek materi dan aspek media. Tahap selanjutnya yaitu implementasi dengan melakukan uji efektivitas untuk meningkatkan hasil belajar kognitif melalui pretest postest serta uji respon siswa dan tanggapan guru. Tahap evaluasi dilakukan pada setiap tahapan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara guru, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket tanggapan guru, angket respon siswa, instrument tes. Berdasarkan aspek materi e-modul hypercontent mendapatkan skor 3,23 dengan persentase 64,4% dengan kategori cukup layak. Berdasarkan aspek media mendapatkan skor 3,4 dengan persentase 68% dengan kategori layak. Berdasarkan tanggapan guru mendapatkan persentase 88,43% dengan kategori sangat layak dan repon siswa mendapatkan 82,42% dengan kategori sangat praktis. Selain itu e-modul hypercontent dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil pretest postest siswa serta hasil uji N-Gain diperoleh nilai 0,66 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil aspek materi dan media maka e-modul hypercontent ini layak digunakan. Selain itu berdasarkan efektifitas e-modul hypercontent dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa materi perubahan lingkungan dengan kategori sedang.
1-UN57.U1-SPB-I-2025 | BIOLOGI CIK P 2025 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain