PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI DESTINATION BRANDING STRATEGY (STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA PANTAI PANDAN KUNING DI KABUPATEN KEBUMEN)

NANDA NIA RAHAYU - Nama Orang;

ABSTRAK
(Nanda Nia Rahayu, 2024):
DESTINATION BRANDING STRATEGY (STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA PANTAI PANDAN KUNING DI KABUPATEN KEBUMEN)
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Tidar
Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan destinasi wisata, terutama wisata pantai. Namun, banyak destinasi milik pemerintah, seperti Pantai Petanahan yang mengalami penurunan kunjungan wisatawan akibat persaingan dengan destinasi yang dikelola oleh swasta. Dalam meningkatkan daya tarik dan citra Pantai Petanahan, Pemerintah Kabupaten Kebumen berinisiatif mengembangkan destinasi menjadi Pantai Pandan Kuning melalui strategi branding destinasi. Penelitian bertujuan mengetahui dan menjelaskan bagaimana tahapan destination branding strategy pengembangan pariwisata Pantai Pandan Kuning. Dengan paradigma konstruktivisme, pendekatan kualitatif jenis studi kasus, pengumpulan data melalui wawancara, observasi partisipan pasif, dokumentasi. Teori yang digunakan adalah destination branding Morgan & Pritchard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan PEST, melalui kebijakan RPJP (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) dan program KITA (Kebumen Integrated Tourism Area) berperan meningkatkan infrastruktur dan daya tarik wisata. Faktor ekonomi, melalui penetapan ulang tarif retribusi tiket wisata untuk meningkatkan PAD dan kunjungan wisatawan. Penggunaan media sosial dan digitalisasi pembayaran memberikan peluang promosi destinasi secara efektif dan mempermudah proses transaksi. Brand identity nama "Pandan Kuning" diambil dari legenda yang mencerimankan nilai-nilai budaya lokal. Penciptaan logo di visualisasikan “Raden Sujono dan Dewi Sulastri”, tagline "Belajar Bermain Bersama Keluarga" memperkuat identitas destinasi. Peluncuran brand Pantai Pandan Kuning menggunakan iklan, pemasaran langsung, acara khusus, promosi penjualan dan hubungan masyarakat untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik destinasi. Strategi ini efektif dalam menarik pengunjung dan membangun citra positif destinasi. Brand implementation melalui kolaborasi stakeholders, serta pengembangan destinasi untuk mencapai keberhasilan dalam pengembangan destinasi. Monitoring dan evaluasi dijalankan secara berkala menunjukkan keberhasilan mengatasi masalah.
Kata kunci: Destination Branding Strategy, Pariwisata, Pantai Pandan Kuning, Pengembangan Destinasi.


Ketersediaan
74-UN57.U1-SIK-XII-2024KOMUNIKASI RAH D 2024Ruang Skripsi (KOMUNIKASI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KOMUNIKASI RAH D 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XVI;280HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
302.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_ILMU_KOMUNIKASI
FAKULTAS_FISIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik