Text
SKRIPSI DESTINATION BRANDING STRATEGY (STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA PANTAI PANDAN KUNING DI KABUPATEN KEBUMEN)
ABSTRAK
(Nanda Nia Rahayu, 2024):
DESTINATION BRANDING STRATEGY (STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA PANTAI PANDAN KUNING DI KABUPATEN KEBUMEN)
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Tidar
Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan destinasi wisata, terutama wisata pantai. Namun, banyak destinasi milik pemerintah, seperti Pantai Petanahan yang mengalami penurunan kunjungan wisatawan akibat persaingan dengan destinasi yang dikelola oleh swasta. Dalam meningkatkan daya tarik dan citra Pantai Petanahan, Pemerintah Kabupaten Kebumen berinisiatif mengembangkan destinasi menjadi Pantai Pandan Kuning melalui strategi branding destinasi. Penelitian bertujuan mengetahui dan menjelaskan bagaimana tahapan destination branding strategy pengembangan pariwisata Pantai Pandan Kuning. Dengan paradigma konstruktivisme, pendekatan kualitatif jenis studi kasus, pengumpulan data melalui wawancara, observasi partisipan pasif, dokumentasi. Teori yang digunakan adalah destination branding Morgan & Pritchard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan PEST, melalui kebijakan RPJP (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) dan program KITA (Kebumen Integrated Tourism Area) berperan meningkatkan infrastruktur dan daya tarik wisata. Faktor ekonomi, melalui penetapan ulang tarif retribusi tiket wisata untuk meningkatkan PAD dan kunjungan wisatawan. Penggunaan media sosial dan digitalisasi pembayaran memberikan peluang promosi destinasi secara efektif dan mempermudah proses transaksi. Brand identity nama "Pandan Kuning" diambil dari legenda yang mencerimankan nilai-nilai budaya lokal. Penciptaan logo di visualisasikan “Raden Sujono dan Dewi Sulastri”, tagline "Belajar Bermain Bersama Keluarga" memperkuat identitas destinasi. Peluncuran brand Pantai Pandan Kuning menggunakan iklan, pemasaran langsung, acara khusus, promosi penjualan dan hubungan masyarakat untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik destinasi. Strategi ini efektif dalam menarik pengunjung dan membangun citra positif destinasi. Brand implementation melalui kolaborasi stakeholders, serta pengembangan destinasi untuk mencapai keberhasilan dalam pengembangan destinasi. Monitoring dan evaluasi dijalankan secara berkala menunjukkan keberhasilan mengatasi masalah.
Kata kunci: Destination Branding Strategy, Pariwisata, Pantai Pandan Kuning, Pengembangan Destinasi.
74-UN57.U1-SIK-XII-2024 | KOMUNIKASI RAH D 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain